Mantan Idol Bocorkan Hal Mengerikan Tentang Sasaeng Fans

Posmetro.net – Soobin pernah debut sebagai bagian dari grup wanita Blady pada tahun 2013 dengan nama panggung Tina dan grupnya bubar pada 2017. Kini, ia beralih menjadi YouTuber dan mengungkapkan seperti apa cara yang dipakai sasaeng untuk mendapatkan nomor ponsel para artis.

Seringkali selama siaran langsung, idol dibanjiri panggilan dan teks dari penguntit. Semua insiden ini mendorong Soobin untuk berbicara tentang sesuatu yang semua orang ingin tahu, bagaimana awalnya para sasaeng menemukan nomor telepon idol?

Soobin tidak ingin merilis detail spesifik yang bisa diikuti oleh penguntit lain, tapi ia mengeluarkan dua metode mengkhawatirkan yang digunakan oleh para sasaeng obsesif. Yang pertama melibatkan perusahaan telepon.

Di Korea Selatan, gaji untuk staf layanan pelanggan di perusahaan telepon relatif rendah. Akibatnya, mereka sering merekrut orang muda yang mencari pekerjaan sederhana. Soobin kemudian menjelaskan bahwa keamanan dan privasi relatif buruk di perusahaan-perusahaan ini. Dengan informasi yang mudah didapat seperti nama dan tanggal lahir, pekerja layanan pelanggan dapat dengan cepat menemukan nomor telepon siapa nomor telepon yang berada di negara tersebut. Jadi, untuk mendapatkan nomor idol, para sasaeng mencari orang-orang muda yang bekerja di perusahaan-perusahaan ini dan membayar mereka untuk menemukan nomor telepon para idol.

Soobin mengatakan kepada penonton bahwa banyak idol mengubah nomor telepon mereka secara teratur untuk menghindari panggilan dan teks dari sasaeng. Namun, karena nomor telepon di Korea perlu terdaftar dengan nama resmi, mudah bagi penguntit yang obsesif untuk menemukannya berulang kali. Menurut Soobin, satu-satunya cara untuk mencegah hal ini adalah idol meminta keluarga atau kenalan mereka untuk mendaftarkan nomor telepon mereka.

Selanjutnya, Soobin berbicara tentang KakaoTalk, aplikasi perpesanan withering populer di Korea Selatan. Banyak orang Korea memiliki nomor yang terhubung dengan KakaoTalk, sehingga para sasaeng dapat dengan mudah menemukan ID idol jika mereka sudah memiliki nomor telepon mereka. Namun, bahkan ada symbol yang tidak menghubungkan nomor mereka ke KakaoTalk tapi tetap diretas.

Itu karena banyak bintang baru yang memiliki sedikit pengalaman dengan penguntit menetapkan ID KakaoTalk mereka untuk sesuatu yang mudah ditebak. Soobin mengatakan bahwa tingkat keamanan pada aplikasi ini relatif rendah, sehingga penggemar dapat terus mengetik tebakan ID (seperti gabungan nama dan ulang tahun idol) sampai mereka menemukan akun yang mereka cari. Parahnya lagi, banyak orang menggunakan informasi tersebut untuk memeras idol.

Singkatnya, Soobin mendesak para sasaeng untuk “tetap di jalur (mereka)”, mengatakan bahwa tidak ada gunanya terobsesi dengan kehidupan pribadi orang lain.