Terbaru Virus Corona Wuhan Menyebar ke 16 Negara, Indonesia Termasuk?

Posmetro.netTerbaru Virus Corona Wuhan Menyebar ke 16 Negara, Indonesia Termasuk?, Virus Corona Wuhan – Pemerintahan di China mengumumkan bahwa peningkatan total kematian akibat virus corona yang sebelumnya berjumlah 82 orang naik menjadi 108 orang.

Kabar yang diterima, sudah lebih dari 4.615 orang lainnya sudah terkonfirmasi positif inveksi virus corona tersebut.

China juga sudah memperketat dan melakukan pembatasan untuk keluar negara agar virus tidak menyebar luas.

Kota Wuhan, China, dianggap sebagai pusat dari virus corona yang sudah menyebar luas di 16 negara.

Virus Corona Menyebar ke 16 Negara Beriktu Ini.

1. China

Pada Senin (27/01/2020) waktu setempat, jumlah korban yang terinfeksi meningkat menjadi 2.844 pasien. China juga mengkonfirmasi ada peningkatan jumlah korban akibat virus corona menjadi 108 orang usai satu hari sebelumnya berjumlah 80 orang. Artinya dalam waktu 24 jam ada 28 kasus terbaru kematian.

2. Korea Selatan

Korea Selatan juga mendeteksi ada kasus virus corona di negaranya. Hingga Senin (27/01/2020), ada terjadi 4 kasus di negaranya. Selain itu terjadi 57 kasus yang terserang penyakit yang sama, tapi dari 56 di antaranya tersisa 1 yang sedang menunggu hasil tes keluar.

3. Thailand

Thailand menjadi negara selanjutnya yang dimasuki oleh virus corona per Senin (27/01/2020). Lima kasus tersebut adalah turis asal China yang sedang berlibur ke Thailand. Turis langsung dipulangkan ke negaranya.

4. Taiwan

Di Negara Taiwan juga terjadi 5 kasus yang menyandung virus corona dari Wuhan atau dikenal 2019-nCoV sudah ditemukan dari Senin (27/01/2020). Angka itu terbilang naik setelah mengalami tiga kasus saja.

5. Australia
Perhitungan dari Senin (27/01/2020), terjadi 5 kasus yang menyandung virus corona yang sudah terkonfirmasi terjadi di Australia.

Angka ini naik dibandingkan pada Minggu (26/01/2020) dengan jumlah virus yang diterima berjumlah 4 kasus.

6. Singapura

Kabar yang diterima dari Kementerian Kesehatan Singapura, Minggu (26/01/2020), di Singapura ada terdapat 4 kasus infeksi dari wabah corona. Kasus keempat terjadi pada sosok laki-laki berusia 36 tahun asal Wuhan yang sedang berlibur bersama keluarganya pada 22 Januari lalu.

7. Jepang

Negara Jepang, melalui Kementerian Kesehatannya sudah mengklaim terjadi empat kasus penularan virus corona di negaranya. Pada Minggu (26/01/2020), diketahui pasien dalam kasus terbaru adalah seorang pria berusia 39-an yang berasal dari Wuhan.

8. Amerika Serikat

Neagara besar seperti Amerika Serikat juga mengkonfirmasi ada terjadi 5 kasus yang menyebutkan terinfeksi virus corona.

9. Malaysia

Dari hari Minggu (26/01/2020), Kuala Lumpur sudah mengkonfirmasi terjadi 4 kasus yang merupakan virus corona Wuhan. Semua pasien tersebut adalah turis dari China yang sedang berlibur ke Malaysia.

10. Kamboja / Khmer

Kamboja atau Kerajaan Khmer juga sudah mengkonfirmasi pertama kalinya menerima pasien mengidap infeksi virus corona pada Senin (27/01/2020). Pasien pertama ini adalah seorang kakek berusia 60 tahun.

Kakek tersebut terpapar usai datang dari Wuhan. Saat ini, pria tersebut sudah dikabarkan membaik dan sudah stabil.

11. Nepal

Negara Nepal juga sudah mengkonfirmasi terjadi virus corona positif di negaranya. Pasien adalah seorang pria usia 29 tahun dari Wuhan. Dia dikabarkan sudah dipulangkan ke negara setelah dirawat beberapa dan dinyatakan sembuh.

12. Sri Lanka

Terbaru negara Sri Lanka juga mengklaim bahwa ada terjadi kasus pertama virus corona di negaranya pada Senin (27/01/2020). Kasus ini terjadi pada turis asing berusia 43 tahun yang sedang menjadi wisatawan pada pekan lalu.

13. Kanada

Kanada juga mengkonrimasi terjadi satu kasus virus corona Wuhan pada Senin (27/01/2020). Kasus ini pertama terjadi pada seorang pria.

Sedangkan itu, terjadi satu kasus baru yang sedang diduga. Untuk kasus kedua ini, pasien adalah istri dari pasien pertama. Keduanya diyakini terkena infeksi virus corona saat berkunjung di Wuhan.

14. Vietnam

Di negara Vietnam, terjadi dua kasus virus corona yang sudah diumumkan oleh menteri kesehatan negara vietnam.

Pasien tersebut merupakan ayah dan anak, diketahui sang ayah lebih dulu terkena infeksi virus corona. Dia diduga sudah menularkan virus ini kepada anaknya saat sedang berlibur ke Ho Chi Minh awal Januari ini.

15. Perancis

Perancis saat ini menjadi negara pertama Eropa yang mengkonfirmasi mendapatkan dampak virus corona. Di Perancis sendiri terjadi 3 kasus yang sudah dimumkan oleh Kementerian Kesehatan di Perancis.

16. Jerman

Negara kedua dari Eropa yaitu Jerman yang mengkonfirmasi menerima virus corona. Pasien pertama adalah pria asal Region Starnbeg. Sampai saat ini, pasien sudah dalam kondisi yang lebih baik.

Bagaimana dengan Indonesia?

Meski belum ada kasus yang terkena infeksi dari virus corona, tetapi Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Anung Sugihantono selalu mengatakan bahwa pemerintah sudah meningkatkan kewaspadaan di seluruh pintu masuk negara.

“Kita harus tetap waspada sebelum virus ini menyebar juga di Indonesia, kalau thermal can itu statis. Jadi kita sudah mulai masuk ke pesawat, utamanya itu dari pesawat-pesawat yang datang dari China,”ucap Anung.

Anung Juga menyatakan saat ini pemerintah sudah menyiapkan 21 alat capsule transport untuk membawa pasien yang diduga mengalami infeksi virus corona wuhan dari titik kedatangan masuk ke Indonesia.