Nikmatnya Resep Hidangan Ayam Goreng Saus Lemon

Posmetro.netPosmetro Lifestyle, Nah pada umumnya anda akan membayangkan bila hidangan ayam hanya disajikan secara digoreng menggunakan tepung, akan tetapi sebenarnya ada banyak cara agar ayam menjadi enak untuk dinikamati seperti misalnya saja dengan cara menambahkan saus.

Umumnya saus yang sering kali dijadikan topingan tuangnya adalah saus mentega akan tetapi kali ini anda bisa memvariasikan dengan menggunakan saus lemon yang mana memiliki cita rasa segar khas oriental yang lezat banget untuk dinikmati. Cara membuatnya juga terbilang mudah akan tetapi anda perlu untuk membaginyya menjadi dua tahap yakni membuat ayam goreng tepung dan kemudian melakukan olahan racik saus.

Bahan-bahan:

– 500 gram daging ayam fillet, potong kotak
– 2 siung bawang putih, haluskan
– ½ sdt lada bubuk
– Garam secukupnya
– 1 sdm kecap ikan
– 1 buah jeruk nipis, peras ambil airnya
– 2 butir telur ayam, kocok lepas
– 100 gram tepung terigu
– 100 gram tepung tapioka
– 1 Minyak goreng
– Biji wijen tabur

Bahan saus lemon:
– 300 ml air matang
– 3 sdm air perasan jeruk lemon
– 1-2 sdm madu
– 1 ruas jari jahe, parut
– Garam dan gula secukupnya
– 1 sdm tepung maizena, larutkan dengan air

Cara membuat:

1. Yang pertama, lumuri ayam dengan menggunakan bawang putih, lada bubuk, garam, kecap ikan, dan air jeruk nipis lalu setelah itu diamkan hingga 10-15 menit.
2. Setelah itu siapkan kocokan telur dan juga campuran tepung yakni Terigu dan juga tapioka.

3. Kemudian panaskan minyak goreng sambil kemudian celupkan daging ayam ke dalam kocokan telur.

4. Lalu, baluri dengan menggunakan campuran tepung dan tepuk-tepuk sebentar lalu goreng dalam minyak yang panas. Goreng sampai berubah menjadi kecokelatan lalu sisihkan.

5. Agar menghemat waktu, sembari menggoreng kamu juga dapat membuat sausnya.

6. Panaskan air yang telah matang bersama parutan jahe, air perasan lemon, dan juga madu. Koreksi rasa yang ada dengan garam dan gula, lalu kentalkan dengan larutan maizena.

7. Setelah sausnya matang, masukkan ayam yang telah anda goreng lalu aduk menjadi rata. Masak sampai bumbunya meresap semua, sajikan dengan taburan biji wijen yang telah disediakan.