Babak Baru Habib Rizieq Dicekal Arab Saudi Terkait Visa

Babak Baru Habib Rizieq Dicekal Arab Saudi Terkait Visa

Posmetro.netBabak Baru Habib Rizieq Dicekal Arab Saudi Terkait Visa, Posmetronews – Komisi I DPR RI mengklaim menerima sebuah kabar terbaru mengenai ‘pencekalan’ dari Habib Rizieq. Kabar yang diterima oleh Komisu I, Habib Rizieq dicekal oleh pemerintahan Arab Saudi mengenai visa.

“Kabar yang kami terima, kan ini soal pencekalan dari pihak Arab Saudi masalah visa yang sudah dilampaui,”ucap Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid.

Tetapi, Meutya tidak secara rinci menyebutkan dari mana kabar tersebut diterima. Dia hanya mengatakan bahwa Komisi I tidak akan melakukan investigasi lantaran bukan hak kewenangan mereka.

“Kita tidak ada lakukan investigasi dan pengecekan pastinya itu karena memang bukan di ranah kami. Jadi hanya menggunakan yang disampaikan oleh pejabat pemerintah secara resmi ini bahwa dia dicekal oleh pemerintahan di Arab Saudi,”terangnya.

Komisi I DPR diketahui sedang membahas terkait pencekalan visa dari Habib Rizieq dengan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP marsudi pada rapat kerja yang dihelat kemarin. Meutya mengatakan bahwa pada rabat itu Menlu tidak menjelaskan secara jelas soal penyebab dari pencekalan Habib Rizieq.

“Tidak secara rinci (soal pencekalan), lantaran di Arab Saudi kita itu punya banyak sekali juga tenaga kerja yang saat ini juga masih bermasalah dan mesti dipikirkan,”katanya.

Kendati demikian, Meutya juga memastikan kalau pemerintah akan segera memberikan perlindungan terhadap Habib Rizieq.

“Tentunya (beri perlindungan). Karena setiap warga negara itu akan kami upayakan dilindungi kalau ya misalnya itu memang dari Arab Saudi, menurut dari penyampaian Menko Polhukam jelasnya seperti itu,”lanjut Meutya.

Habib Rizieq yang sekarang ini sedang berada di Saudi sebelumnya juga memberikan alasannya tidak kembali ke Indonesia. Dia memperlihatkan dokumen yang dikatakan surat pencekalan dari pemerintah di Indonesia yang ditujukan untuk pemerintah Arab Saudi.

“Saya ini dilarang berpergian ke Saudi, bahkan saat ini dituliskan sebabnya itu karena alasan keamanan. Jadi sekali lagi, saya ini dicekal disini bukan karena saya melakukan pelanggaran dari keimigrasian, bukan juga saya melakukan pelanggaran perdata atau pidana, bukan juga saya melakukan kejahatan di Saudi ini, tidak benar itu. Karena alasan keamanan,”ucap Habib Rizieq.

Habib Rizieq juga menjelaskan bahwa surat yang diterima merupakan bukti nyata bahwa dirinya dicekal oleh Arab Saudi karena adanya permintaan langsung dari Indonesia. Menruutnya, pemerintah Saudi sudah siap untuk mencabut pencekalan itu apabila ada jaminan dari pemerintahan Indonesia salam admin Sbobet88.

You may also like...