Bagi Penggemar Sayuran Labu Siam, Intip 6 Manfaat Yang Terkandung Didalamnya

Anda Penggemar Sayuran Labu Siam, Intip 6 Manfaat Yang Terkandung Didalamnya

Posmetro.net ā€“ Posmetro Sehat, Apakah anda merupakan salah satu penikmat sayuran buah siam? Pada umumnya buah siam memliki banyak sebutan nama seperti misalnya manisa, gondes, waluh, jipang, atau labu siem yang merupakan buah dari tanaman menjalar yang dapat tumbuh di tanah yang basah dan lembab.

Labu siam sendiri memiliki ciri berupa kulit tipis yang berwarna hijau dan kemudian pada bagian dagingnya juga berwarna putih pucat dan terdapat biji tipis didalamnya. Labu siam sendiri juga termasuk kedalam sayuran yang istimewa karena memiliki rasa yang renyah dan juga nikmat. Selain itu, labu siam juga dapat diolah menjadi berbagai aneka menu masakan yang enak diantaranya seperti : lodeh, oseng-oseng, lalapan, sambal goreng, campuran rujak uleg, dan juga ada yang menjadikannya sebagai manisan.

Untuk perihal mengenai harganya juga tergolong cukup terjangkau dan dapat dengan mudah anda temukan pada pasar tradisional.

Lantas kandungan Gizi apa saja yang ada pada Labu Siam?

Tentunya meskipun harganya tergolong relatif murah, namun labu siam mengandung gizi yang sangat besar, seperti diantaranya : vitamin B compleks (folat, niacin, thiamin, asam pantotenat, riboflavin, Vitamin B6), Vitamin C, maupun mineral penting (zat besi, seng, fosfor, mangan, tembaga).

Dan berikut ini ada juga manfaat dari labu siam bagi kesehatan dan juga kecantikan yakni diantaranya sebagai berikut ini :

1. Mencegah penuaan dini
Dengan adanya kandungan antioksidan vitamin C yang ada pada labu siam, diketahui akan ampuh dalam membantu untuk mencegah kerusakan sel kulit akibat adanya radikal bebas dan juga penyebab penuaan dini

2. Baik untuk wanita yang merencanakan kehamilan dan hamil
Adanya kandungan asam folat dan vitamin yang ada pada labu siam sangatlah bagus untuk membantu dalam memenuhi kebutuhan nutrisi selama masa kehamilan. Selain itu dengan adanya Folat didalamanya juga dapat mengurangi risiko melahirkan bayi cacat ataupun keguguran.

3. Mencegah kanker usus
Pada kandungan serat yang tinggi dalam labu siam dapat membantu dalam mengikat zak karsiogenik pemicu terjadinya kanker. Selain itu, kandungan antioksidan yang ada pada labu siam dapat membantu dalam menangkal radikal bebas penyebab kanker.

4. Mengatasi hipertensi
Kandungan kalium dan juga efek diuretik dalam labu siam diketahui bagus dalam menurunkan kadar garam yang ada pada dalam darah melalui air seni. Dengan berkurangnya darah, kerja jantung juga akan lebih ringan dan tekanan darah otomatis akan ikut turun.

4. Menormalkan asam urat
Labu siam sendiri memiliki efek diuretik sehingga akan sangat baik untuk melancarkan air seni, dimana dengan adanya kelebihan asam urat juga dapat ikut larut bersama air seni.

5. Detoksifikasi racun
Kemudian selain itu untuk Labu siam dapat juga dalam membantu proses detoksifikasi racun sehingga tubuh akan menjadi lebih sehat dan kulit akan terhindar dari berbagai permasalahan kulit

6. Menjaga kecantikan kulit
Faktanya pada labu siam juga mengandung kandungan vitamin C yang amat baik dalam membantu dalam halnya menjaga kecantikan kulit. Selain itu, labu siam juga ,mengandung zat yang diketahui bersifat anti inflamasi sehingga ampuh dalam membantu mengatasi masalah kulit, seperti misalnya saja jerawat, bintik hitam, serta kulit kasar.

Bagaimana, banyak bukan manfaat dari namanya mengkonsumsi dari buah siam. Selamat mencoba!

You may also like...