Serangan Bom Kembali Terjadi, Perbatasan Jalur Gaza dan Mesir Ditutup

Serangan Bom Kembali Terjadi, Perbatasan Jalur Gaza dan Mesir Ditutup

Posmetro.netPosmetro Dunia, Meskipun awalnya sempat dikabarkan untuk perbatasan Jalur Gaza dengan Mesir yang semulanya akan dibuka pada Sabtu (25/11/2017), namun tampaknya rencana tersebut harus dibatalkan pasca adanya serangan bom mematikan di daerah Sinai, papar pejabat pemerintah Mesir kepada pihak AFP.

Dari hasil laporan yang ada, setidaknya sejumlah orang yang bersenjata lengkap telah melakukan aksi penyerbuan dan juga melakukan ledakkan bom di masjid Rawda ketika jamaah sedang tengah khusyuk melakukan salat Jumat. Alhasil dari insiden yang terjadi tersebut, ada sebanyak 235 orang yuang menjadi korban tewas

Awalany sempat tersiar kabar bila pada perbatasan Rafah yang bertetanggaan dengan Mesir rencananya akan dibuka selama tiga hari ke depan, tepatnya itu mulai Sabtu ini, akan tetapi hal tersebut menjadi unrung dilakukan setelah pihak pejabat pemerintahan Mesir yang mengungkapkan bila perbatasan itu masih akan tetap ditutup.

“Pihak Mesir juga memberi tahu kami bahwa Rafah tidak akan dibuka pada Sabtu ini lantaran ada tragedi di Sinai Utara,” ungkap sumber yang beredar.

Pada pekan yang lalu, untuk kali pertama sejak terjadinya perpindahan kekuasaan yang terjadi di Gaza dari kelompok Hamas ke pemerintah Palestina pada awal bulan November, ternyata menyempatkan perbatasan itu dibuka selama tiga hari.

Hal tersebut juga dimanfaatkan oleh para pelajar, pasien, serta orang yang terlantar untuk bisa bebas meninggalkan Palestina.

Hingga selama satu dekade terakhir yang ada, Mesir juga telah melakukan pemblokiran jalur ke Gaza dan perbatasannya ditutup permanen selama bertahun-tahun. Dan kemudian di 2007, Hamas mengambil alih paksa atas kekuasaan yang ada di Gaza lewat pertempuran berdarah dengan pasukan pemerintah Palestina.

Tentunya perpindahan pengendalian dari perbatasan merupakan salah satu ujian terbesar dalam kesepakatan rekonsiliasi di Kairo pada 12 Oktober. Seperti yang diketahui juga upaya perdamaian Hamas dengan pemerintah Palestina selama satu dekade tersebut juga mengalami kegagalan.

You may also like...