Resep Pastel Goreng Isi Abon Ayam Sederhana

Resep Pastel Goreng Isi Abon Ayam Sederhana

Posmetro.net – Posmetro Lifestyle,  Tentunya mungkin Anda akan mengira bila cemilan yang satu ini akan sulit untuk dibuat, ya apalagi bila bukan pastel. Jajanan enak pastel goreng ini masuk dalam salah satu makanan tradisional khas yang berasal Indonesia. Namun nyatanya bukan hanya itu saja., ternyata pastel juga mendunia seperti misalnya ada yang berasal dari Brazil dan juga Portugis.

Namun tentu saja rasa yang disuguhkan dan juga sajian yang diberikan ini berbeda. Seperti halnya di Brazil, pastel sendiri merupakan makanan yang cepat saji dan biasanya berbentuk setengah lingkaran dengan isian daging berupa sapi cincang, keju mozarella, cream cheese, atau daging ayam maupun udang. Setelah itu, untuk adonan kemudian digoreng dengan menggunakan minyak sayur.

Lain halnya yang ada di Portugis. Pastel yang disajikan ditempat ini sama seperti semacam pastri yang mana berbentuk segitiga yang rasanya juga cenderung manis dan juga gurih. Sehingga di Portugis sendiri akan masuk dalam kategori sebagai cake.

Nah, sedangakan ketika menjelajahi kuliner makanan yang ada di Indonesia, masyarakat Indonesia selalu mempunyai kreatifitas dalam mengubah rasa agar dapat sesuai dengan lidah dan selera masyarakat Indonesia. Kemudian untuk yang namanya pastel ini tersedia bermacam-macam variasi isi loh, semuanya biasanya disesuaikan dengan keinginan dari pembuatanya.

kemudian selalin itu, pastel jug ada yang basah dan juga pastel kering. Pastel basah sendiri adalah makanan gorengan yang biasanya selalu diisi dengan menggunakan sayuran, ayam, telur, dan bihun. Sedangkan untuk yang namanya pastel kering lebih sering disajikan sebagai salah satu kudapan.

Meskipun jajanan cemilan ini bisa dengan mudahnya Anda jumpai di pasar tradisional, namun tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk membuat sendiri pastel dirumah. Yuk intip secara langsung untuk proses pembuatannya yang sederhana, yakni sebagai berikut ini :

Bahan :

– Tepung terigu 300 gram
– Tepung sagu 1 sdm
– Telur 1 butir, kocok lepas
– Margarin 100 gram
– Garam ½ sdt
– Abon ayam 200 gram
– Minyak secukupnya untuk menggoreng

Cara Pembuatan :

1. pertama sekali Anda boleh mempersiapkan wadah bersih lalu kemudian masukan tepun terigu dan juga tepung sagu kedalamnya, aduk secara merata hingga sempurna.

2. Setelah itu kemudian masukan margarin, lalu kemudian aduk hingga merata. Kemudian masukan telur dan juga garam. Lalu kemudian aduk kembali hingga tercampur merata.

3. Nah setelah adonan sudah mulai jadi lalu kemudian keluarkan dari wadah. setelah itu giling adonan dengan menggunakan rolling pin.

4. Untuk membuat adonan agar dapat tercetak melebar kamu bisa menyediakan cetakan seperti misalnya menggunakan tutup botol air mineral.

5. Kemudian adonan yang telah dicetak dengan menggunakan tutup botol dapat dilebarkan lagi dengan menggunakan tangan, setelah itu isi adonan yang telah digiling tersebut dengan menggunakan abon ayam yang sebelumnya telah disediakan.

6. Lipatlah adonan yang sudah diisi dengan menggunakan abon, lalu kemudian pada bagian pinggir dapat diplintir berbentuk kecil-kecil.

7. Lakukan semuanya pada semua adaonan yang ada, setelah itu Anda sudah dapat melakukan penggorengan dengan menggunakan api yang memang sudah dipastikan benar-benar panas, agar hasil yang diberikan juga bisa sempurna.

8. langkah selanjutnya kemudian menunggu pastel isi abon matang dengan memastikan warnanya pastel berubah menjadi cokelat keemasan. Kini pastel kering isi abon sudah siap untuk disajikan. Selamat mencoba!

You may also like...