Larang Selfie Di Masjidil Haram Dan Masjid Nabawi

Posmetro.net – Posmetro Terkini, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi menerbitkan Surat Edaran tentang Larangan mengambil Gambar di Masjidil Haram, Mekkah dan Masjid Nabawi, Madinah larangan tersebut ditujukan kepada seluruh Negara pengirim Jamaah Haji dan Umrah.

Kepala Biro Humas, Data dan Informasi Setjen Kemenag Matsuki membenarkan adanya Surat Edaran tersebut.

“Larangan ini akan kami Follow Up dengan Sosialisasikan ke Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU), Asosiasi Umrah Serta Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) agar diperhatikan dan menjadi Materi yang disampaikan ke Jamaah sebelum keberangkatan ke Saudi” Ucap Mastuki.

Kegiatan ini dinilai sangat mengganggu Kekhusyukan Jamaah yang sedang melaksanakan Ibadah, terlebih lagi Swafoto dilakukan sangat dekat dengan Ka’bah Raudhah, atau bagian lain dari Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

“Ketika banyak orang yang sedang mengambil gambar dan Selfie pastilah mengganggu perhatian dan Kekhusyukan Jamaah lain” Ucapnya.

Mastuki menjelaskan Larangan tersebut sebenarnya sudah disampaikan Kepada Jamaah Haji saat Manasik tapi masih ada yang tidak memperhatikan Larangan Tersebut.

“Kemenag sebenarnya sudah melakukan Sosialisasi tentang Larangan ini sejak Tahun Lalu, terutama saat Manasik Sosialisasi ini disampaikan bersamaan dengan informasi larangan-larangan yang sudah ditetapkan di Saudi, seperti membawa Makanan yang Menyengat, Rokok atau Barang yang Dilarang dalam Penerbangan” Ucap, Matsuki.

 

You may also like...