Lakukan Korupsi APBD 2018 Jambi, KPK Resmi Tetapkan 4 Orang Tersangka

Lakukan Korupsi APBD 2018 Jambi, KPK Resmi Tetapkan 4 Orang Tersangka

Posmetro.netPosmetro Terkini, Kali ini pihak dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan empat orang nama sebagai tersangka terkait dengan adanya pengesahan dari RAPBD Jambi tahun anggaran 2018. Adapun 2 di antaranya yang terciduk adalah anggota langsung DPRD dari Provinsi Jambi, yang mana berinisial SUP, dan juga Plt Sekretaris Daerah Jambi.

“KPK untuk saat ini telah meningkatkan status penanganan perkara ke penyidikan serta telah menetapkan empat orang tersangka lainnya,” ungkap Wakil Ketua KPK yakni Basaria Panjaitan, dalam konferensi pers yang ada di gedung KPK, Jakarta, pada Rabu (29/11/2017).

Menurut dirinya, SUP sendiri adalah anggota DPRD Jambi untuk periode 2014-2019. Dirinya kini diduga sebagai penerima hadiah atau janji terkait kasus ini.

Sementara dilain pihak yang menjadi sebagai pemberi adalah EWN yakni Plt Sekretaris Daerah Jambi, ARN sebagai Plt Kepala Dinas Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan juga Perumahan Rakyat, dan SAI adalah asisten daerah.

Kemudian daripada itu Basaria juga telah menjelaskan bila KPK akan menetapkan keempatnya sebagai tersangka resmi setelah penyidik melakukan pemeriksaan dalam kurun 1×24 jam. Lalu dilanjutkan dengan adanya gelar perkara.

“Sehingga bisa disimpulkan adanya dugaan tindak pidana korupsi bagi yang menerima atau memberikan hadiah atau janji terkait dengan adanya pengesahan RAPBD Provinsi Jambi tahun anggaran 2018,” ungkap Basaria.

Lalu kemudian untuk pasal yang disangkakan yaitu Pasal 5 ayat 1 huruf a atau huruf b atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 tentang adanya Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan Undang-Undang nomor 20 tahun 2001 jo pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP, kepada sebagai pemberi, EWN, ARN, dan SAI.

Sementara itu bagi pihak yang diduga penerima, SUP, KPK menyangkakan Pasal 12 huruf a atau b atau Pasal 11 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

You may also like...