Bahaya Mengintai Dibalik Asap Rokok Yang Menempel Pada Perokok Aktif

Bahaya Mengintai Dibalik Asap Rokok Yang Menempel Pada Perokok Aktif

Posmetro.netPosmetro Sehat, Dengan adanya partikel dari asap rokok tentunya akan sangat berbahaya, bukan hanya bagi si perokok melainkan juga bagi orang yang ada di sekitarnya yang tidak merokok. Pasalnya, dengan adanya partikel tersebut yang diketahui menempel pada pakaian perokok dan benda lainnya maka akan menjadi suatu zat yang berbahaya bagi kesehatan.

Apabila seorang perokok duduk di sofa ataupun bersentuhan dengan orang lain. Maka akan ada partikel yang dapat terhirup oleh individu lain. Dan meskipun si perokok sudah tidak lagi merokok, partikelnya akan tetap masih menempel.

“Dengan adanya partikel asap rokok yang menempel tersebut dinamakan third hand smoke–zat-zat atau residu dari asap rokok yang tidak terlihat oleh mata, yang menempel pada pakaian, selimut dan juga lainnya. Tentunya hal semacam ini dapat menempel di sofa, gorden, ataupun seprai juga,” papar Santi Martini yang berasal dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga, pada kutipannya Kamis (23/11/2017).

Sewaktu dijumpai pada acara bedah buku penelitian Health and Economics Costs of Tobacco in Indonesia di Kementerian Kesehatan, Jakarta, Santi juga mengungkapkan, mengenai kesadaran akan adanya bahaya third hand smoke yang juga perlu diinformasikan kepada publik luas.

Bahkan bila hanya bersentuhan dengan perokok, maka seseorang bisa saja langsung menghirup partikel asap rokok yang menempel tersebut.

Dengan adanya penyakit yang ditimbulkan dengan menghirup partikel asap rokok yang menempel akan sangat berbahaya, seperti misalnya radang paru-paru. Apabila tidak segera ditangani atau diabaikan, maka seseorang dapat saja meninggal.

Kemudian dengan adanya paparan partikel dari asap rokok dari baju sang ayah pada bayi pun dianggap akan dapat mengancam jiwa bayi. Bayi akan berpotensi terkena radang paru-paru apabila menghirup partikel asap rokok tersebut.

Selain itu dengan adanya asap rokok juga dapat menyebabkan polusi udara di sekitarnya. Dalam hal ini, perokok menjadi salah satu penyebab polusi udara.

 

You may also like...