Waspadai Risiko Terkena Tumor Otak Bila Sakit Kepala Tidak Kunjung Sembuh

Waspadai Risiko Terkena Tumor Otak Bila Sakit Kepala Tidak Kunjung Sembuh

Posmetro.netPosmetro Sehat, Kira- kira apakah Anda pernah mengalami sakit kepala seperti pusing yang tidak kunjung sembuh? Atau misalnya merasa penglihatan kabur dari waktu ke waktu? Atau mungkin Anda merasakan adanya ganjalan di bagian mata? Apabila hal tersebut terjadi maka Anda perlu mewaspadai hal tersebut sejak dini. Hal ini mungkin bisa saja menjadi salah satu pertanda adanya gangguan pada kepala yang biasanya disebut sebagai tumor di bagian otak Anda.

“Kalau misalnya Anda merasakan pusing janganlah dianggap remeh. Memang ini hanya berupa gejala subjektif, kurang tidur misalnya juga bisa menjad salah satu hal yang dapat menyebabkan terjadinya gejala pusing. Namun apabila pusing sudaj ada lebih dari sebulan dan terjadi apalagi terutama pada pagi hari maka ada sebaiknya Anda disarankan untuk memeriksakan ke dokter, tentunya hal tersebut bisa menjadi salah satu gejala adanya tumor yang terjadi pada otak,” ungkap spesialis bedah saraf dari Comprehensive Brain and Spine Centre Surabaya, yakni dr Agus C Anab, SpBS di Jakarta, sewaktu dikonfirmasikan, pada Jumat (13/10/2017).

Dirinya juga ikut menjelaskan apabila pada sebagian penderita tumor otak yang mengalami gejala berupa gangguan penglihatan tentunya belum menyadari adanya kehadiran dari tumor sehingga baru kemudian berkonsultasi dengan dokter saat semuanya sudah terlambat.

“Gejalnya seperti mata (penglihatan) kabur, dipikir kelainan kacamata atau adanya gangguan di saraf mata. Banyak yang malah datang dalam kondisi sudah terlambat, sehingga sudah terjadi yang namanya gangguan mata, tidak bisa melihat. Saraf itu kan punya keterbatasan, ketika sudah tertekan terlalu lama (karena tumor misalnya) nantinya akan menjadi sulit kembali normal,” papar Agus.

Terkait akan hal tersebut, tumor otak menjadi salah satu dari pembunuh berdarah dingin yang ada di dunia kesehatan. Meskipun sebenarnya untuk penyebab utamanya belum dapat diketahui secara pasti, namun ada sejumlah faktor risiko yang memungkinkan terjadinya tumor otak.

Faktor risiko ini antaranya seperti herediter (diwariskan dari orang tua), virus onkogen, radiasi yang dihasilkan dari smartphone, zat kimiawi termasuk penyedap rasa, pil KB, dan juga rokok.

Selain dapat menyebabkan pusing dan penglihatan menjadi kabur, gejala lainnya yaitu mual, muntah, kejang, hingga melemahnya anggota gerak.

“Ini sebenarnya sudah bisa dibilang agak terlambat,” tutur Agus.

Oleh karena itu, ketika Anda merasakan adanya keluhan seperti pusing dan penglihatan kabur , maka lekaslah segera lakukan pemeriksaan ke dokter sebagai salah statu proteksi dini bila memang ada tumor di bagian otak.

You may also like...