Resmi Ditetapkan Sebagai Tersangka, Jonru Ginting Dijerat Pasal Berlapis

Resmi Ditetapkan Menjadi Tersangka, Jonru Ginting Dijerat Pasal Berlapis

Posmetro.net – Posmetro Terkini, Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh pihak kepolisian, kini status Jonru Ginting telah ditetapkan sebagai tersangka akibat kasus ujaran kebencian yang dilakukan oleh dirinya melalui media sosial. Pada perkara tersebut, si pengguna aktif yang di media sosial tersebut kini dijerat dengan pasal berlapis.

“Tentunya kita akan kenakan dirinya (Jonru) dengan pasal berlapis,” papar Wadir Reskrimsus Polda Metro Jaya AKBP Ahmad Yusep sewaktu di Mapolda Metro Jaya, pada Rabu (04/10/2017).

Kemudian Yusep juga mengungkapkan bila Jonru disangkakan telah melanggar Pasal 28 ayat 2 Juncto Pasal 45 ayat 2 Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan dari Undang-Undang RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Dalam Pasal tersebut disebutkan Jonru terancam hukuman dengan maksimal 6 tahun penjara.

Kemudian Jonru juga diduga telah melanggar Undang-Undang Nomor dari 40 Tahun 2008 tentang mengenai Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis. Dalam UU tersebut, Jonru juga terancam hukuman maksimal 5 tahun penjara.

Kemudian Bukan hanya itu saja , polisi juga kini menjerat Jonru dengan Pasal 156 KUHP tentang adanya penghinaan langsung terhadap suatu golongan tertentu dengan ancaman maksimal 5 tahun penjara.

Terkait akan hal tersebut, Yusep jugamenjelaskan, Jonru melakukan perbuatan tersebut secara berulang-ulang di akun Facebook-nya tanpa adanya kesadaran untuk menghentikan aksi tersebut. Menurut dirinya, Jonru bisa saja dikenakan dengan hukuman kumulatif.

“Dia melakukan perbuatannya itu secara berulang-ulang, di Facebook-nya sendiri ada begitu banyak posting-an yang diduga mengandung ujaran kebencian,” tandas Yusep.

Kemudian daripada itu, Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis telah bertindak dengan memerintahkan bawahannya untuk sesegera mungkin dalam mempercepat proses penyidikan kasus dugaan ujaran kebencian yang kini menjerat penggiat media sosial, Jonru Ginting. Hingga saat ini, kasus Jonru masih dalam tahap pemberkasan.

“Jonru itu sendiri kan sudah selesai dalam proses dan sudah ditahan. Saya sudah perintahkan pihak Dirkrimsus untuk lebih mempercepat proses penyidikannya,” imbuh Idham di Mapolda Metro Jaya, pada Rabu (04/10/2017).

Selain itu, Idham juga meminta proses penyidikan kasus Jonru dikebut agar berkasnya itu bisa segera rampung dan segera dikirimkan ke Kejaksaan Tinggi DKI. Selanjutnya, mengenai perkara Jonru agar dapat segera disidangkan setelah berkasnya dinyatakan lengkap.

“Itu dilakukan supaya nanti kalau berkasnya sudah selesai, seperti biasa mekanismenya kita akan langsung kirim ke kejaksaan,” ucap dirinya menerangkan.

You may also like...