Tidak Mau Kecolongan, KPK Pantau Terus Riwayat Kesehatan Setya Novanto

Tidak Mau Kecolongan, KPK Pantau Terus Riwayat Kesehatan Setya Novanto

Posmetro.netPosmetro Terkini, Dengan ditetapkannya sebagai salah seorang tersangkan atas kasus korupsi dari kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP), Setya Novanto atau alias Setnov hingga kini masih saja terus menjalani perawatan di sebuah RS Premier Jatinegara.

Hingga saat ini tengah menyeruak foto ketua DPR tersebut yang mana tengah terbaring lemah di ruang perawatan di kalangan sosial media Pada foto yang diterima tersebut, Setnov tampak terbaring di tempat tidur dengan menggunakan kaos putih dan juga ditutupi selimut berwarna cokelat. Tidak luput juga terpasang alat bantu berupa pernafasan dan juga infus yang terlihat terpasang di hidung beserta lengannya.

Dari foto yang terpampang terlihat sejumlah peralatan medis hingga ada yang namanya elektrokardiograf atau alat ukur detak jantung yang nampak terlihat di sisi kiri ranjang Setnov tiduri.

Kemudian pihak keluarga juga ada mengungkapkan perihal mengenai penyakit dialami oleh Setnov. Menurut kakak dari Novanto yakni Setyo Lelono, dengan adanya perawatan demi perawatan yang dijalani adiknya, termasuk itu menggunakan Calsium score. Hal ini dikarenakan penyakit vertigo yang semakin sakit pada kepalanya, yang disebabkan sinusitis di bagian hidung.

Karena adanya penyakit yang diderita, kini Setnov menjadi mangkir dari pemeriksaan KPK sebagai salah satu tersangka atas kasus korupsi E-KTP. Kemudian Ketua KPK yakni Agus Rahardjo pun tidak mau terlalu banyak berkomentar atas foto yang beredar tersebut.

Agus hanya mengatakan bahwa dirinya juga sudah mengirim surat kepada Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap Setnov.

“Makanya supaya bisa lebih netral, kita akan mengirim surat ke IDI agar pihak IDI melakukan pemeriksaan lebih lanjut atas kesehatan dari Setnov. IDI kan nanti dapat memberikan second opinion,” ucap Agus.

Kemudian terkait dengan jadwal pemeriksaannya, dirinya masih belum dapat memastikan. Sebab semuanya itu tergantung dari jadwal IDI sendiri. “Belum tahu, namun yang pastinya itub agendanya IDI sendiri,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil dari ketua KPK yakni Laode M Syarif yang akan mengecek kembali kondisi tersangka kasus e-KTP tersebut. “KPK sendiri juga menerima informasi kabar memang sedang sakit. Dan kemudian ada juga dokter lain yang akan melihat kesehatan Pak SN,” ucap Laode.

Sebelumnya, pihak Juru bicara KPK yakni Febri Diansyah mengatakan pihaknya akan mempelajari hasil pemeriksaan dari kesehatan Setnov . Hal ini disebabkan ada beragam pernyataan dari pejabat partai Golkar mengenai sakit yang diderita oleh ketua DPR.

“Memang ada keterangan mengenai sakit dan ada juga keterangan dari rumah sakit dan juga dokter yang menangganinya, namun semuanya itu jelasnya akan kita pelajari terlebih dahulu,” ungkap Febri.

KPK juga tidak menutup kemungkinan nantinya bakal menggandeng IDI untuk menelaah kebenaran dari surat hasil pemeriksaan kesehatan Novanto. Selain itu KPK juga telah membuat perjanjian kerja sama dengan IDI sejak tahun 2012 dan sampai tahun 2017 yang mana telah diperpanjang.

Dirinya sendiri berharap kerja sama dengan pihak IDI membuat upaya dari pemberantasan korupsi menjadi lebih efektif dengan diagnosa sejujurnya atas pihak-pihak yang tengah berperkara.

“Dengan adanya kerja sama tersebut, para dokter juga mendukung upaya dari pemberantasan korupsi dengan memberikan informasi dan diagnosa sebenarnya,” ucapnya.

You may also like...