Konsumsi Daging Secara Berlebihan Tingkatkan Risiko Gangguan Kesehatan

Konsumsi Daging Secara Berlebihan Tingkatkan Risiko Gangguan Kesehatan

Posmetro.netPosmetro Sehat, Walaupun yang namanya Hari Raya Idul Adha sudah berlalu sejak dua hari yang lalu, namun mungkin sebagain dari kita masih ada memiliki stok daging kurban. Meskipun ada tersisa banyak olahan daging yang tersedia, namun dokter spesialis penyakit dalam RS Ciptomangunkusumo yakni Ari Fahrial Syam telah menyarankan agar untuk tidak mengonsumsi daging secara berlebihan.

Hal ini tentunya bukan tanpa alasan, umumnya daging memang baik didalam menyeimbangkan asupan makanan yang kita konsumsi. Namun apabila terlalu banyak mengkonsumsi ternyata juga tidak baik, seperti misalnya dapat menimbulkan dampak sulitnya untuk buang air besar.

“Dengan konsumsi langsung daging yang terlalu banyak tentunya dapat mengakibatkan sembelit,” ucap Ari menjelaskan.

Guna untuk mencegah terjadinya sembelit, maka sanagat disarankan untuk mengonsumsi daging sapi atau kambing secukupnya. Lalu kemudian tidak lupa untuk mengimbangi dengan meningkatkan asupan serat hingga 20-35 gram per hari.

Dengan mengonsumi makanan yang kaya serat seperti misalnya buah dan juga sayur juga dapat mengurangi efek samping lain dari yang namanya mengonsumsi daging.

“Sayur serta buah-buahan akan dapat mengurangi serapan kolesterol di usus halus,” ucap Ari kembali

Sehingga apabila Anda sambil makan sate kambing tentunya bisa dipadukan dengan lalapan atau saat makan rendang sapi bisa diimbangi dengan sayuran rebus. Malah, tentunya bisa menambah makanan menjadi semakin nikmat.

Oleh sebab itu biasakan menjaga kesehatan tubuh dengan tidak mengonsumsi daging secara berlebihan ya. selamat mencoba!

You may also like...