Waspadai Pengaruh Narkoba yang Terkandung Didalam Cairan Vape Yang Dijual Secara Online

Waspadai Pengaruh Narkoba yang Terkandung Didalam Cairan Vape Yang Dijual Secara Online

Posmetro.netPosmetro Sehat, Setidaknya pada pekan yang lalu, pihak Polda Metro Jaya telah berhasil dalam menjaring dan mengungkap peredaran narkoba yang mana banyak marak terdapat di dalam cairan atau liquid vape (rokok elektrik). tentunya hal Ini bukanlah kali pertama yang ditemukan pada cairan vape yang mengandung narkoba.

Terkait akan hal tersebut pihak Badan Narkotika Nasional telah mengingatkan kepada pengguna rokok elektrik jangan sampai terkecoh dalam membeli cairan vape dengan berbahan kandungan narkoba.

Menurut pihak Kabag Humas BNN, yakni Kombes Sulistiandriatmoko, dengan adanya penjualan cairan vape yang mengandung narkoba serta dilakukan lewat media sosial. Tentunya modus yang diapakai oleh para penjual yaitu dengan memberi iming-iming cairan vape tersebut dalam memberikan keuntungan bagi tubuh yang sebenarnya cairan tersebut telah diberi tambahan narkoba.

“Jadi kami himbau agar jangan mau dibohongi begitu saja oleh iklan di internet yang dijual di media online dimana bila ada yang menyebutkan cairan vape yang dijual itu menimbulkan efek meningkatkan daya tahan tubuh, seperti misalnya membuat lebih bugar. Itu semua adalah bohong,” ucap Sulis ketika dikonfirmasi pada Minggu (06/08/2017).

“Nah apabila ada pemakaian secara terus menerus maka nantinya bisa menjadi ketergantungan. Nanti yang ada malah enggak bisa berpikir, karena kandungannya (dalam cairan vape narkoba) itu telah merusak pusat saraf,” ucap Sulis menambahkan.

Sejauh ini memang pihak BNN telah menemukan adanya kandungan cairan vape narkoba tersebut yang berisi paling banyak itu dua jenis narkoba. Yakni diantaranya katinon sintetik (synthetic cathinones) dan juga cannabinoid sintetis (synthetic cannabinoid).

Katinon sintetik, ucap Sulis, yang dimasukkan ke dalam cairan vape itu biasanya bersifat stimulan yakni membuat orang tersebut menjadi lebih bersemangat. Sementara cannabinoid sintetis berdampak halusinogen yang mana membuat pengguna menjadi bahagia dan merasa tenang serta nyaman.

You may also like...