Redam Gejala Nyeri Punggung Ketika Menstruasi Dengan Berendam Air Hangat

Redam Gejala Nyeri Punggung Ketika Menstruasi Dengan Berendam Air Hangat

Posmetro.netPosmetro Sehat, Sudah tidak heran lagi bila merasakan perut kembung dan kram sewaktu sedang mengalami menstruasi, bahkan banyak para wanita yang tidak sedikit mengeluhkan rasa nyeri di punggung bagian bawah bawah. Lalu apa saja yang menyebabkan kondisi tersebut terjadi?

Menurut Houman Danesh dari Mount Sinai Hospital, New York mengungkapkan bila nyeri punggung yang terjadi sewaktu haid merupakan hal yang normal. Hal ini terjadi karena disebabkan adanya kontraksi rahim yang melepaskan lapisan tebal sebagai persiapan telur dibuahi. Namun, apabila kontraksi terlalu kuat maka tentunya dapat menyebabkan terjadinya gejala nyeri di perut hingga pada punggung bagian bawah.

Kemudian Danesh menambahkan bahwa masalah nyeri punggung bagian bawah ketika haid sebenarnya dapat dicegah atau dapat diatasi dengan beberapa cara berikut seperti dikutip laman Lady Care Health, pada Senin (21/08/2017).

1. Rutin aktivitas fisik
Faktanya bagi para wanita yang menjalani kehidupan aktif yaitu memiliki masalah nyeri ataupun sakit sewaktu haid akan lebih rendah daripada mereka yang sama sekali tidak aktif secara fisik dalam melakukan aktivitas. Dan tentunya untuk meredam rasa nyeri punggung ketika menstruasi yaitu agar dianjurkan untuk selalu rutin olahraga sebelum dan selama menstruasi.

Tentunya tidak perlu untuk memilih aktivitas fisik yang terlalu berat, Anda dapat sekadar berjalan kaki ataupun jogging ketika menstruasi datang guna membantu meningkatkan aliran darah secara normal ke belakang dan daerah panggul. kemudian Anda juga dapat mencoba juga untuk latihan peregangan yoga untuk mengatasi sakit punggung yang kronis.

2. Diet sehat
Makanan yang siap saji dan mengandung garam dapat menyebabkan terjadinya nyeri sewaktu menstruasi lebih ekstrem dari biasanya. Dan untuk mengatasinya yatiu Anda dapat mengkonsumsi biji-bijian, buah serta sayuran segar setiap hari.

Lalu tambahkan juga suplemen seperti misalnya vitamin B dan juga magnesium yang bermanfaat mencegah kram serta sakit punggung selama menstruasi. Selain itu disarankan juga agar tidak lupa untuk terus menjaga asupan air putih selama menstruasi, hal ini disebabkan dengan adanya kehilangan darah selama haid juga menyebabkan tubuh kehilangan air.

3. Mandi air hangat
Nah ini cara terakhir yang ampuh yaitu dengan tetap menjaga suhu hangat yang ada pada tubuh yaitu dapat meredakan rasa sakit serta nyeri punggung yang terjadi selama haid. Anda dapat mandi di bawah pancuran air hangat ataupun beredam untuk relaksasi

You may also like...