Kematian Misterius Johannes Marliem, Benarkah Ada Konspirasi Untuk Memperhambat Kasus E-KTP?

Kematian Misterius Johannes Marliem, Benarkah Ada Konspirasi Untuk Memperhambat Kasus E-KTP?

Posmetro.netPosmetro Terkini, Salah satu saksi kunci kasus e-KTP yakni Johannes Marliem dikabarkan meninggal dunia secara misterius di kediamannya yang ada di Los Angeles, Amerika Serikat. Kasus kematian yang masih belum diketahui penyebabnya ini megundang sejumlah tanda tanya dari berbagai pihak. Baik itu disengaja atau tidak, kini pihak kepolisian AS masih tengah mendalami kasus tewasnya Marliem.

Berdasarkan penuturan dari Donal Fariz yang merupakan Peneliti Indonesian Corruption Watch (ICW) mengungkapkan kecurigaan atas adanya upaya sistematis dalam melawan KPK terkait dengan kematian Marliem. Adapun upaya ini dicurigai terjadi sejak merebaknya penyerangan Kasatgas Kasus e-KTP Novel Baswedan, pada Selasa (11/04/2017).

“Untuk kematian dari saudara JM (Johannes Marliem) kali ini semakin menguatkan publik dan pastinya ikut menunjukkan upaya didalam menghambat kasus e-KTP. Ini semua merupakan bentuk sistematis untuk melawan dan menghambat KPK dalam membongkar skandal yang diduga telah melibatkan banyak politikus besar,” ungkap Donal ketika dikonfirmasi di Jakarta, pada Sabtu (12/08/2017).

Hingga saat ini pihak KPK sendiri tidak mau terlalu berspekulasi mengenai penyebab kematian dari pengusaha tersebut. KPK hanya memilih untuk menunggu informasi dari pihak kepolisian Amerika Serikat (AS) terkait penyebab tewasnya saksi kunci kasus e-KTP yakni Johannes Marliem.

“Saya sendiri pribadi baru tahu dari media, itu sebabnya masih akan dikonfirmasi ulang kembali. Namun karena ada kaitannya dengan kasus yang kita tangani (kasus e-KTP), ya pastinya kita masih menunggu penyebab apa saja yang hingga bisa menewaskan yang bersangkutan,” ungkap Saut Situmorang selaku Wakil Ketua KPK, saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu.

Namun, dirinya berharap agar pihak AS dapat segera memberikan informasi yang didapatkan baik itu dari hasil autopsi Johannes Marliem atau lainnya. Hal ini tentunya untuk mengetahui penyebab dari kematian Johannes Marliem berkaitan dengan penanganan perkara e-KTP atau tidak.

“Saya mengira mereka paham apa (yang harus dilakukan) dan seperti apa bekerja dengan aparat penegak hukum negara lainnya,” ungkap Saut.

Terkait akan hal tersebut, sebelumnya, saksi kunci kasus e-KTP, yakni Johannes Marliem diketahui meninggal dunia di Los Angeles, Amerika Serikat. Berdasarkan informasi yang menyeruak, Marliem dinyatakan tewas dengan cara bunuh diri di kediamannya.

Johannes Marliem sendiri merupakan Direktur Biomorf Lone LLC, Amerika Serikat, perusahaan yang menyediakan layanan teknologi biometrik.

Kemudian adapun keterkaitan Johannes Marliem dalam kasus E-KTP yaitu dirinya merupakan saksi penting dalam membongkar kasus korupsi e-KTP. Pasalnya, Johannes diduga memiliki rekaman pertemuan dengan para perancang proyek e-KTP yang turut dihadiri oleh Ketua DPR RI. Rekaman tersebut pun disimpan oleh Marliem selama 4 tahun lamanya.

You may also like...