Bintang Hollywood Ikut Kenakan Batik Indonesia, Pakaian Nusantara Jadi Trend Hingga AS

Bintang Hollywood Ikut Kenakan Batik Indonesia, Pakaian Nusantara Jadi Trend Hingga AS

Posmetro.net Posmetro Terkini, Batik dari Nusantara kini telah merambah hingga Amerika Serikat (AS). Setidaknya sejumlah bintang Hollywood seperti misalnya Jessica Alba, Heidi Klum, dan juga Reese Witherspoon beberapa kali terlihat mengenakan pakaian batik.

Ternyata jenis pakaian batik begitu banyak digandrungi oleh warga AS. Mereka nyatanya bukan hanya senang mengenakan batik, namun belakangan ini banyak yang tertarik dalam mempelajari cara pembuatannya.

Dari keterangan tersebut langsung disampaikan oleh penggiat budaya yang sekaligus pengajar batik di AS yakni Wita Salim.

“Ada banyak sekali orang Amerika yang ingin memepelajari mengenai batik,” ucap penggiat budaya yang sekaligus pengajar batik ungkap Wita Salim seperti yang dikonfirmasi, pada Sabtu (05/08/2017).

Selain itu Wita juga menyebut bukan cuma hanya mengajar cara pembuatan. Namun dirinya merasa perlu juga memberikan informasi langsung kepada warga AS yang ingin belajar batik yang mana sesungguhnya memiliki filosofi di balik beragam motif khas tersebut.

“Saya sendiri mengajarkan kepada (orang Amerika), bagaimana sih di Indonesia, mengapa batik itu penting? Karena sebenarnya ada beberapa desain dan itu semua untuk ceremony tertentu ya, mulai dari yang namanya akad nikah, kemudian (dimiliki) ibu yang sudah tua, atau mungkin perempuan yang lagi hamil.

Nah itu yang menurut saya tidak diketahui oleh mereka karena itu orang Amerika diajarkan filosofinya, makanya banyak sekali orang yang sangat tertarik setelah itu, jadi bukan hanya menggambarnya saja,” imbuh Wita.

Seperti yang dijelaskan oleh Wita, beberapa tahun yang lalu sejumlah sekolah yag ada di wilayah Washington, DC telah memintanya mengajarkan tentang batik nusantara. Dalam kesempatan tersebut dirinya tidak mau untuk melepas kesempatan tersebut. Wita dibantu organisasi nirlaba ‘Rumah Indonesia’ bertujuan untuk mempromosikan kebudayaan Tanah Air kepada masyarakat Negeri Paman Sam.

“Prosesnya cukup menarik perhatian murid-murid, karena memakai wax kemudian pakai canting. Canting itu kan sangat tradisional sekali,” ucap dirinya.

“Saya selalu mengajarkannya memakai canting, bukan kuas, ya. Yang membuat mereka kagum sebenarnya adalah cara pembuatannya dan itu sangat menarik. Semuanya sangat antusias pada saat belajar batik,” terang dirinya.

Selain di sekolah lokal AS, Wita juga ada mengajarkan tentang batik di beberapa kegiatan ekstra kurikuler yang ada di sekolah-sekolah dasar yang diadakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Washington, DC.

“Kebetulan pihak KBRI bekerja sama dengan beberapa sekolah-sekolah. Dipanggil juga karena kebetulan saya mempunyai skill membatik sendiri. Saya sudah mengajar lebih dari enam sekolah yang ada di Washington, DC dan sekitarnya,” ujar dia.

You may also like...