Perppu Pembubaran Ormas Akan Digugat, Mengapa Mendagri Tidak Takut dan Khawatir?

Perppu Pembubaran Ormas Akan Digugat, Mengapa Mendagri Tidak Takut dan Khawatir?

Posmetro.netPosmetro Terkini, Sewaktu dikonfirmasi mengenai adanya keterkaitan pihak tertentu yang menentang penerbitan Perppu, kali ini pihak Menteri Dalam Negeri yakni Tjahjo Kumolo angkat bicara. Menurutnya dirinya tidak merasa khawatir ataupun takut apabila nantinya Peraturan Presiden Pengganti Undang-Undang (Perppu) Ormas akan digugat.

“Enggak takut. Ini sudah menjadi prinsip negara tidak boleh kita kalah terhadap yang namanya organisasi apapun yang bertentangan dengan suatu ideologi negara,” tegas Tjahjo sewaktu dikonfirmasikan di Hotel Arya Duta Jakarta, pada Rabu (12/07/2017).

Berdasarkan penuturan dari Tjahjo, dirinya mengatakan, bahwa hingga saat ini keberadaan dari ormas tidak ada dilarang dalam mengikuti ajaran agama yang dianutnya. Namun akan tetapi, sebagai bagian dari suatu tatanan masyarakat yang baik tentunya semua itu ada aturannya dan diwajibkan harus mengikuti prinsip undang-undang dan juga Pancasila yang ada di Negara Indonesia.

“Soal itu (ormas) yang aliran agama haruslah mengikuti serta taat kepada ajaran agamanya,iya itu memang benar dan sah saja. Akan tetapi menjadi suatu hal yang perlu diingat, bagi ormas yang bermasyarakat dirinya harus taat kepada aturan UU, prinsip Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika. Dan ditegaskan sekali lagi, itu sudah merupakan harga mati yang tidak bisa ditawar lagi,” terang Tjahjo.

Selain itu Politikus PDIP itu juga menambahkan untuk ormas harusnya memberikan faedah kepada masyarakat yang ada.

“Nah yang bermanfaat itu apa saja, contohnya seperti PWI (Persatuan Wartawan Indonesia), mereka mampu memberikan manfaat berupa pendidikan politik serta pemahaman informasi yang baik kepada seluruh lapisan masyarakat,” tandas Tjahjo mengingatkan

You may also like...