Menderita Karena Hidung Tersumbat, Atasi Dengan 5 Cara Mudah Untuk Meredakannya

Menderita Karena Hidung Tersumbat, Atasi Dengan 5 Cara MUdah Untuk Meredakannya

Posmetro.net Posmetro Sehat, Nah mungkin kiranya Anda pernah menderita hidung  tersumbat. Hal tersebut tentunya tidak nyaman bagi tubuh Anda. Apalagi saluran  pernapasan menjadi terganggu akibat kesulitan bernapas. Lalu apa yang membuat hidung menjadi tersumbat? Ternyata hidung yang tersumbat disebabkan oleh adanya peradangan pembuluh darah yang melapisi bagian dalam cuping hidung. Umumnya hidung tersumbat karena diakibatkan oleh flu, dingin ataupun alergi. Ketika hidung tersumbat maka lendir yang ada di hidung bisa menyebabkan seseorang sulit bernafas.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dalam meredakan hidung tersumbat yang yang dilutif dari berita kesehatan, pada Sabtu (08/07/2017), yakni diantaranya sebagai berikut :

1. Jangan pernah mengeluarkan lendir dengan cara paksaan
Jika hidung tersumbat dan lendir sulit untuk dikeluarkan maka perlu diingat agar jangan memaksakannya karena hal tersebut malah justru memperburuk dan juga membuat cuping hidung semakin mengalami peradangan.

2. Minum dekongestan ataupun anti histamin
Untuk salah satu obat yang umumnya sering tersedia bebas di apotek adalah dekongestan dan juga antihistamin. Apabila Anda merasa kedinginan maka segera minumlah dekongestan yang akan mempermudah Anda untuk lebih mudah bernafas. Namun bila Anda merasa mengalami alergi serta demam, maka tidak ada salahnya untuk meminum anti histamin. Hal tersebut nantinya akan mengurangi bersin.

3. Pergunakan uap panas untuk membantu melegakan pernapasan
Taukah Anda bahwa kelembaban dan juga panas dari uap yang ada dapat memudahkan peradangan serta membantu pernapasan lebih mudah. Anda dapat melakukannya sebanyak yang Anda butuhkan. Terdapat beberapa cara dalam mengalirkan uap panas, yakni dengan cara mandi air hangat dan juga menghirup uap panas dari termos atau caa lainnya yaitu menggunakan vaporizer.

4. Perbanyak minum air
Nah yang satu ini jangan diremehkan ya, dengan mencukupi kebutuhan air minum mineral  dapat menipiskan lendir yang ada di hidung Anda, sehingga lebih mudah untuk  dikeluarkan.

5. Kompreslah hidung dengan menggunakan handuk hangat
Pertama sekali Basahi lap kain dengan menggunakan air panas dan kemudian letakkan di  atas hidung. Hal ini tentunya dapat membantu hidung bernafas lebih lega. Silahkan mencoba!

 

You may also like...