Keberhasilan Irak Gempur Habis ISIS di Mosul Jadikan Peringatan Bagi Polri Perketat Pengawasan di Perbatasan

Keberhasilan Irak Gempur Habis ISIS di Mosul Jadikan Peringatan Bagi Polri Perketat Pengawasan di Perbatasan

Posmetro.net Posmetro Terkini, Roda selalu berputar, kali ini merupakan babak kemenangan yang berhasil dimenagkan oleh pihak Tentara Irak atas pasukan ISIS yang ada di Mosul. Seperti yang diketahui bahwa Irak telah membuat sejumlah negara yang ada dikawasan Asia Tenggara semakin meningkatkan kewaspadaan, termasuk itu negara Malaysia. Tanpa banyak pertimbangan negeri Jiran tersebut langsung menerapkan statusnya menjadi siaga satu.

Merespon hal tersebut, kini pihak Wakapolri yakni Komjen Syafruddin juga telah memastikan bahwa pihaknya kini bersama dengan para aparat TNI akan tetap mewaspadai setiap ancaman teror yang datang dari kelompok ISIS tersebut.

“Kita pasdtinya siaga juga, sehingga tidak perlu lagi untuk diumumkan,” ungkap Syafruddin sewaktu di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, pada Rabu (12/07/2017).

Selain itu Syafruddin juga mengungkapkan, adapun salah satu cara dalam mengantisipasi ancaman yang sewaktu-waktu bisa timbul yaitu dengan terus memperketat setiap pengawasan yang ada di seluruh wilayah perbatasan termasuk itu dengan negara-negara lain ataupun tetangga. Bukan hanya itu saja, perlu juga dilakukannya pemantauan terhadap warga negara Indonesia (WNI) yang patut dicurigai pernah turut terlibat dalam kelompok radikal teror ISIS yang sebelummnya pernah dilakukan.

“Salah satunya diantaranya adalah pemantauan terhadap ISIS yang ada di Indonesia,” tegas Syafruddin.

Seperti yang diketahui bahwa beberapa saat yang lalu, pasukan tentara Irak berhasil dalam memukul mundur pasukan ISIS yang mengepung Mosul. Pengepungan tersebut tentunya sangat meresahkan Malaysia. Mereka sangat mencemaskan, apabila para tentara ISIS yang kabur tersebut dari pertempuran di Mosul akan berbondong-bondong lari menuju Negeri Jiran.

Hingga saat ini Malaysia telah mengeluarkan pernyataan akan kondisi siaga satu. Keterangan tersebut juga telah disampaikan secara langsung oleh Menteri Pertahanan yakni Hishammudin Hussein. Menurut Hussein, kelompok ISIS sudah dideklarasikan sebagai salah satu bagian musuh nomor satu bagi negara Malaysia. Oleh sebab itu, dirinya sangat mendukung dan terus mendorong persatuan dari seluruh pihak untuk mencegah hal buruk yang mungkin saja dapat terjadi.

Salah satu yang menjadi langkah pengamanan yang telah dilakukan oleh Malaysia adalah dengan memperketat area keluar masuk di beberapa perbatasan terutama pada Pantai Timur yang ada di Sabah.

You may also like...