Jokowi Utarakan Dunia Mengagumi NKRI, Jangan Lupa Indonesia Memiliki Pancasila

Jokowi Utarakan Dunia Mengagumi NKRI, Jangan Lupa Indonesia Memiliki Pancasila

Posmetro.netPosmetro Terkini, Ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah menghadiri Kongres Pancasila yang diselenggarakan di UGM Yogyakarta, Beliau sempat berpesan di depan peserta yang terdiri dari mahasiswa, akademisi serta para pelajar.

Saat itu Presiden Jokowi menceritakan bahwa faktanya dunia berdecak kagum akan negara Indonesia. hal ini dikarenakan Indonesia yang kaya akan banyaknya suku dan juga wilayah yang sangat luas, dan tidak dimiliki oleh negara lain. Selain itu masyarakat ditengah keberagaman suku dan budaya mampu untuk bisa tetap saling memahami dan juga hidup rukun.

Selain itu Jokowi juga menyampaikan kepada para pimpinan negara yang ada di dunia, Indonesia saat ini terdiri dari 17 ribu pulau, 714 suku, dan juga lebih dari 1.100 bahasa daerah. terkait diluar itu, ada para pemimpin negara lain yang lantas bertanya kepada dirinya, dengan menanyakan bagaimana Jokowi bisa berkomunikasi dengan semua masyarakat, mengelola, serta menjaga agar tetap bisa hidup rukun.

“Apakah hafal dengan bahasa dari tiap masing-masing daerah semuanya, ndak saya enggak ngerti. Terus pakai bahasa apa? Nah disini saya sampaikan kepada mereka semua bahwa hanya dengan memakai Bahasa Indonesia maka semua rakyat kita tahu dan mengerti akan bahasa tersebut. Dan dengan bisa berbahasa Indonesia, bagi negara lain menjadi sebuah hal yang benar- benar dikagumi dari Indonesia,” ucap Jokowi kepada mahasiswa di Kongres Pancasila yang ada di Balairung UGM, Yogyakarta, pada Sabtu (22/07/2017).

Dirinya mengatakan, memang tidaklah mudah dalam mengelola bangsa yang besar seperti Indonesia ini. Seperti misalnya saja negara Afghanistan kini bahkan belajar dari Indonesia dalam halnya mengelola tatanan segala perbedaan menjadi sebuah kekuatan yang solid.

Seperti yang kita ketahui saat ini Afghanistan hanya dengan 40 kelompok diterpa konflik yang tak kunjung selesai. Padahal, bila dikaji kembali Afghanistan memiliki sumber daya alam yang sangat baik untuk diolah.

Tidak butuh waktu lama bagi Presiden Jokowi dalam menjawab hal yang ditanyakan oleh Presiden Afghanistan yakni Ashraf Ghani perihal soal menjaga persatuan dan kerukunan di Indonesia. Jawabannya cukup mudah tentu hal ini dikarenakan Indonesia punya Pancasila.

“Jawaban saya kala itu sangat sederhana, karena Indonesia kita ini memiliki Pancasila. Sekali lagi Indonesia ini karena Indonesia memiliki Pancasila, jangan melupakan ini,” imbuh Jokowi.

kemudian dirinya mengatakan, apa yang terjadi kepada Afghanistan harus menjadi sebuah catatan khusus bagi Indonesia. Jangan sampai, konflik yang ada di Afghanistan malah timbul di Indonesia.

“Insya Allah ya nanti sampai di hari akhir, kita tetap menjadi bersatu dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ungkap Jokowi.

You may also like...