Gempa Bumi Berkekuatan 5,2 SR Melanda Wilayah Sumatera Utara

Gempa Bumi Berkekuatan 5,2 SR Melanda Wilayah Sumatera Utara

Posmetro.net – Posmetro Terkini, Seperti yang diketahui bahwa gempa bumi tektonik yang berkekuatan 5,2 skala richter dikabarkan melanda sebagian wilayah Sumatera Utara, pada Selasa (11/07/2017).

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan, adapun pusat dari gempa bumi berada pada titik 2.67 LU dan 98.85 BT.

Dari hasil pemantauan pusat gempa bumi serta tsunami, untuk titik gempa kali ini terjadi dibagian darat pada jarak 8 kilometer sebelah arah Timur Laut Samosir dengan kedalaman hiposenter 152 kilometer,” ungkap Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Syahnan.

Dirinya mengungkapkan bahwa dampak dari gempa bumi yang didasarkan pada peta tingkat guncangan (shakemap) BKMG telah menunjukkan bahwa wilayah Sumut yang berpotensi terdampak guncangan lemah antara lain diantaranya Pematang Siantar, Parapat, Medan, Sidikalang dan juga Sibolga.

Sesuai hasil analisis dari BMKG sendiri telah menunjukkan bila gempa bumi tersebut disebabkannya oleh adanya aktivitas subduksi lempeng Eurasia dengan hiposenter sejarak 152 kilometer.

“Hal inui terjadi karena adanya hiposenter yang berada di kedalaman sekitar 152 kilometer, oleh sebab itu gempa bumi ini tersebut dianggap sebagai gempa bumi menengah. Walaupun demikian gempa bumi yang berpusat di darat tersebut tidak membahayakan karena tidak berpotensi merusak sekitar,” tegas Syahnan.

Setelah dilakukan pemantauan hingga pukul 09.00 WIB tadi, masih belum terlihat adanya gempa bumi susulan, ucap Syahnan. Sehingga dirinya menghimbau agar warga Sumatera Utara tetap tenang dan jangan mudah percaya dengan adanya isu yang menyesatkan mengenai hal -hak diluar itu.

You may also like...