Waspadai 5 Risiko Utama Kesehatan Bagi Yang Suka Bermain Ponsel Sebelum Tidur

Waspadai 5 Risiko Utama Kesehatan Bagi Yang Suka bermain Ponsel Sebelum Tidur

Posmetro.netPosmetro Sehat, Tentunya seiring dengan perkembangan zaman, yang namanya teknolgi tidak akan terlepas dari kehidupan masyarakat. Salah satu teknologi yang paling berperan penting saat ini adalah ponsel cerdas.

Nah taukah kamu, sebelum tidur ada yang namanya ritual yang mungkin tidak bisa kita hindarkan sewaktu malam hari sebelum tidur yaitu bermain ponsel, banyak aktivitas kegiatan yang mungkin bisa kita lakukan ketika itu seperti misalnya berbalas pesan, browsing, atau mengomentari bacaan yang ada di media sosial.

Dari kegiatan tersebut, jadwal tidur yang harusnya tepat waktu akhirnya menjadi molor karena kecanduan dengan asyiknya bermain ponsel namun terlepas dari semua itu, ada ancaman yang perlu diwaspadai dari yang namanya bermain ponsel sebelum tidur. Dan parahnya lagi hal ini dinilai cukup berbahaya apalagi bila penggunanya melakukan kegiatan tersebut secara rutin

Ketika membuka layar ponsel akan ada cahaya biru yang nantinya dipancarkan dari layar ponsel. Untuk cahaya ini sebetulnya membantu para pengguna dalam melihat layar dengan nyaman ketika dibawah sinar matahari. Namun bila cahaya biru ini digunakan didalam ruangan gelap ternyata sangat tidak baik bagi kesehatan mata.

Berikut ini beberapa risiko yang dapat dialami sewaktu pengguna terus-terusan bermain ponsel sebelum tidur setiap hari diantaranya :

1. Kelelahan otak
Dengan bermain ponsel sebelum tidur dapat membuat otak menjadi lelah. Risiko tersebut bisa terjadi karena durasi waktu tidur menjadi berkurang yang akhirnya mengakibatkan keesokan harinya otak menjadi lelah untuk bekerja.

2. Kerusakan pada mata.
Hal satu ini sudah jelas tidak bisa dipungkiri, yang namanya menatap layar ponsel terlalu lama dapat memberikan pengaruh buruk pada mata dimana cahaya biru pada ponsel akan membuat retina mata menjadi tegang dan menurut pendapat para dokter menyimpulkan bahwa risiko tersebut dapat menyebabkan terjadinya katarak pada mata.

3. Obesitas
Kecenderungan bermain ponsel sebelum tidur faktanya bukan hanya membuat minimnya waktu tidur namun secara tidak langsung telah memicu terjadinya rasa lapar sehingga hormon yang ada didalam tubuh akan secara otomatis memberikan dorongan untuk makan lebih banyak. Alhasil yang terjadi adalah obesitas .

4. Gangguan Saraf
Dengan kurangnya tidur akibat bermain ponsel dapat membuat neurotoxin meningkat, akibatnya saraf-saraf pada tubuh akan terganggu apabila kebiasaan ini kerap kali dilakukan secara terus menerus.

5. Depresi
Risiko terbesar dari semuanya adalah depresi, hal ini bisa saja terjadi bagi pengguna yang terus menerus melakukan kebiasaan buruk tersebut. Depresi bisa terjadi apabila kurangnya tidur sehingga hormon melatonin akan terganggu dan merusak mood.

You may also like...