Konflik Marawi Filipina , Jurnalis asal Australia Tertembak Peluru Nyasar di Leher

Konflik Marawi Filipina , Jurnalis asal Australia Tertembak Peluru Nyasar di Leher

Posmetro.net – Posmetro Terkini, Salah satu Jurnalis media yang tergabung dalam Australian Broadcasting Corporation (ABC), yakni Adam Harvey yang tertembak ketika sedang menjalankan tugasnya di Kota Marawi, Filipina, (15/06/2017).

Saat ini, Marawi menjadi salah satu lokasi konflik pertempuran antara Angkatan Bersenjata Filipina (AFP) dengan pihak pasukan pemberontak Maute yang dibantu oleh jejaringan dari ISIS. Peristiwa nahas tersebut terjadi ketika Harvey tengah meliput situasi di Provincial Capitol Compound, Marawi, alhasil leher Harvey terkena peluru nyasar.

Beruntungnya pria yang juga bertugas sebagai koresponden ABC di Indonesia itu menjelaskan bahwa saat ini kondisinya dalam keadaan baik-baik saja. Walapun peluru tersebut masih tersangkut di dalam lehernya.

Salah satu Media ABC mengonfirmasi peristiwa itu dan menilai bahwa didalam kejadian yang telah dialami oleh Harvey tidak begitu serius. Harvey kini telah mendapatkan perawatan medis dari parah ahli.

Sebelummnya Harvey sempat melaporkan penemuan mayat pembunuhan yang ada di luar kota Marawi sebelum dirinya tertembak peluru nyasar. Melalui akun Twitternya itu @adharves, Harvey juga berkicau, “Saat ini merupakan waktu yang sangat brutal bagi Filipina.”

Seperti yang diketahui pertempuran di Marawi bermula pada 23 Mei 2017. Saat itu, para ratusan pemberontak Maute yang dibantu oleh sejumlah militan pro ISIS menyerbu kota dengan populasi 200.000 orang tersebut.

Sejak saat itu , AFP dan kelompok pemberontak Maute telah melakukan pertempuran yang hingga kini masih belum berhenti. Pihak luar Amerika Serikat bahkan telah memberikan bantuan yakni penasihat militer guna mengakhiri konflik bersenjata tersebut.

Untuk sebagian besar warga kota tersebut telah melarikan diri pada tahap awal pertempuran. Sedangkan menurut otoritas dari Filipina mengatakan setidaknya masih ada sekitar 300 hingga 1.700 orang warga sipil yang terjebak di kota Marawi.

You may also like...