Satelit Terkecil Ciptaan Remaja India Akan Dikirim Keluar Angkasa Oleh NASA

Satelit Terkecil Ciptaan Remaja India Akan Dikirim Keluar Angkasa Oleh NASA

Posmetro.netPosmetro Lifestyle, Mungkin Anda akan terkesima dengan ciptaan anak remaja satu ini, diketahui remaja tersebut bernama Rifath Shaarook yang berasal dari India dan kini baru berusia 18 tahun.

Walaupun usianya masih tergolong muda namun Rifath cukup sukses dalam menciptakan satelit paling kecil yang ada di dunia.

Rifath sendiri tinggal di lorong yang sempit di Distrik Karur, India. Dirinya bersama dengan para rekan lainnya dalam mencoba untuk menciptakan sesuatu hal yang baru yaitu satelit yang nantinya bisa dikirim ke luar angkasa.

Seperti yang diketahui satelit yang didesign oleh Rifath hanya memiliki berat berupa 64 gr saja. Adapun rancangan dari Rifath ini telah berhasil dalam mengalahkan 86 ribu design yang mana telah diikuti oleh 57 negara lainnya. kali ini kontes yang diselenggarakan tersebut diberikan nama dengan “Cubes in Space” dan diadakan oleh pihak
Idoodle Learning yang berkaitan dengan NASA.

Untuk satelit tersebut diketahu terbuat dari yang namanya serat karbon bertulang dengan tehnologi 3-D. Dibutuhkan sekitar lebih dari dua tahun bagi Rifath serta timnya untuk menciptakan satelit tersebut. Mereka menggunakan anggaran dana sekitar Rp 19.806.050 dalam membuat satelit ini.

“Saya merasa gelisah saat menanti peluncurannya. Ini tentunya akan menjadi hari yang bersejarah, bukan sekedar untuk saya, namun juga beberapa ilmuwan,” ungkap Rifath yang merupakan anak yatim sewaktu kelas 5 SD.

Fungsi dari Satelit ini yaitu dapat menangkap serta mencatat suhu, atmosfer, tingkat radiasi serta magnetosfer, ucap Rifath. Rifath merupakan satu diantara dari ilmuwan paling baik yang dimliki oleh Space Kidz India yang berbasiskan di Chennai.

Srimathy Kesan, Chief Executive Officer, Space Kidz India, Chennai, menyampaikan kalau usaha keras, prinsip serta inovasi tim yang di pimpin oleh Rifath Shaarook sudah memberi pernyataan yang indah pada ilmuwan dunia. Ini bakal juga memberikan motivasi tersendiri bagi siswa lain juga. Tim perancang satelit ini yaitu Vinay Bharadwaj, Tanishq Dwevdi, Yagnasai, Abdul Kashif serta Gobi Nath.

You may also like...