Meminum Secangkir Teh Manis Sewaktu Berbuka Puasa Tidak Baik Bagi Kesehatan, Apa Alasannya?

Meminum Secangkir Teh Manis Sewaktu Berbuka Puasa Tidak Baik Bagi Kesehatan, Apa Alasannya?

Posmetro.netPosmetro Sehat, Secangkir minuman teh manis di waktu berbuka di bulan Ramadhan ternyata telah menjadi suatu rutinitas yang telah lama ada. Beberapa orang mengaku bahwa dengan mengkonsumsi secangkir teh manis akan membuat mereka lebih bertenaga serta mampu dalam melepas dahaga sehingga bisa lebih merasa fresh kembali.

Akan tetapi, tahukah Anda apabila dengan meminum teh manis yang dijadikan sebagai rutinitas teryata memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan.

Menurut Diana F Suganda yang merupakan salah satu tim dokter spesialis gizi klinis dari Rumah Sakit Pondok Indah Bintaro, menjelaskan bahwa kandungan cafein didalam teh bisa menambah gejala asam lambung. Sedangkan tujuan setiap orang yang berpuasa untuk minum minum manis yaitu untuk menambah kandungan gula dalam darah.

“Ingin cepat dalam menambah gula darah cukup hanya dengan satu sendok teh digabung dengan air panas. Perlu diingat janganlah menggunakan teh,” ungkap Diana sewaktu dihubungi oleh pihak awak media pada Kamis, 25 Mei 2017.

Faktanya selama lebih dari 12 jam perut orang yang sedang berpuasa dalam kondisi kosong. Sepanjang hari itu juga tidak ada satu makanan juga yang diolah oleh tubuh. Dan ketika berbuka dengan meminum teh manis, bisa menyebabkan perut menjadi kembung serta merasa mual nantinya.

“Berbuka lebih disarankan apabila dengan air dan juga buah. Sepanjang hari itu juga gula darah tentunya akan menurun. Nah, yang bisa membantu dalam meningkatkan glukosa yaitu gula dari buah-buahan. Bila mengkonsumsi kurma, cukup hanya dua butir. Lalu, satu gelas air hangat dan bukan teh manis hangat,” ucap Diana menjelaskan.

You may also like...