SBY Bahas Soal Kasus Ahok dan Kasus Munir, Ini Jawaban Jokowi

SBY Bahas Soal Kasus Ahok dan Kasus Munir, Ini Jawaban Jokowi

Posmetro.netPosmetro Terkini, Jakarta – Presiden Joko Widodo alias Jokowi tidak mau banyak berkomentar mengenai pernyataan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengenai kontroversi yang menjerat Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan soal lain.

“Bagus, sangat bagus,”ucap Presiden Jokowi.

Hal itu dikatakan Jokowi saat diminta tanggapan mengenai pidato SBY.

Saat mendengar respons singkat itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla yang duduk di samping Jokowi lalu tertawa.

“Kan memberikan masukan kepada pemerintah,”sambung Jokowi.

Saat jumpa pers di kediamannya di Puri Cikeas, Bogor, Rabu (2/11), SBY menanggapi beberapa soal terkini. Sebagian pernyataan ditujukan kepada pemerintah saat ini.

SBY bereaksi dari informasi yang disebutnya berasal dari intelijen kalau ada partai politik yang menggerakkan dan mendanai rencana aksi demo di depan Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (4/11).

SBY tidak menyebut siapa pihak yang dituding menggerakkan aksi itu. Walau demikian, dia menilai informasi itu fitnah dan menghina.

Walau tidak secara gamlang merasa dituduh, dalam jumpa pers itu, SBY mengklaim telah mengumpulkan informasi sebelum berbicara pada hari ini.

Pada Selasa (2/11), SBY menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menko Polhukam Wiranto.

SBY juga mengingatkan Polri supaya jangan sampai negara ‘terbakar’ mengenai proses hukum terhadap Ahok yang dituding telah menistakan agama.

Mantan Presiden keenam itu mengatakan, Ahok harus diproses hukum. Bola saat ini di tangan Polri, bukan ditangan Preisden Jokowi atau pihak lain.

Kepolisian mesti berhati-hati dalam mengusut kasus Ahok. Pasalnya, ucap dia, jutaan rakyat Indonesia mengikuti proses hukum itu melalui media.

SBY meyakini, aksi demo akan terus terjadi kalau protes itu diabaikan oleh penegak hukum.

Selain itu, SBY juga menyindir masalah pembunuhan aktivis HAM, Munir Said Thalib, yang belakangan menjadi polemik publik.

SBY mengatakan, ada pihak-pihak yang menuduh dirinya terlibat dalam kasus Munir lantaran tidak kunjung menyerahkan berkas asli rekomendasi Tim Pencari Fakta (TPF) kasus pembunuhan Munir.

( Posmetro.net )

You may also like...