PKB Bilang Sosok Ketua Umum Partai Berpengaruh Kuat Untuk Kemenangan Calon

PKB Bilang Sosok Ketua Umum Partai Berpengaruh Kuat Untuk Kemenangan Calon

Posmetro.netPosmetro Terkini, Jakarta – Wasekjen DPP PKB Daniel Johan menganggap sosok petinggi partai politik masih cukup berpengaruh besar terhadap keterpilihan kandidat calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta. Karena, proses pemenangan pasangan kandidat berhubungan dengan kerja mesin partai yang pasti dipimpin oleh ketua umum partai politik.

“Yah pasti pengaruh lah karena menyangkut kerja struktur yang berada di bawah pimpinan masing-masing ketua umum partai,”ucap Daniel.

Menurut Daniel, ada 3 faktor penting yang menentukan pasangan calon di Pilgub DKI. Ketiga faktor itu yakni cara kampanye (pemasaran) pasangan calon, sosok petinggi partai politik dan struktur kerja partai politik.

“Branding, sosok petinggi partai politik dan struktur,”terangnya.

Seperti yang diketahui, Lembaga Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKopi) menganggap figur petinggi partai tidak mempengaruhi pilihan masyarakat terhadap 3 pasangan calon di Pilgub DKI Jakarta 2017 mendatang.

Figur Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan nyatanya tidak banyak berpengaruh pada pilihan masyarakat untuk memilih pasangan incumbent Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat.

“Cuma ada 24,5 persen yang menyatakan memilih pasangan Ahok dan Djarot lantaran ada figur Megawati sebagai Ketua umum partai. Sedangkan 58,6 persen mengatakan tidak terpengaruh oleh figur Megawati. Sementara sisanya 16,9 persen tidak menjawab,”ucap Founder KedaiKOPI Hendri Satrio.

Begitu pula, sosok Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang merupakan Ketua Umum Partai Demokrat terhadap pemilih pasangan Agus dan Sylvi. Walau SBY merupakan ayah dari Agur Harimurti Yudhoyono, tetapi hal itu tidak menjadi dalih utama pemilih untuk mendukung Agus.

“Sebanyak 53,5 persen menyatakan figur SBY tidak mempengaruhi dirinya dalam memilih pasangan Agus dan Sylvi. Cuma ada 29,8 persen yang mengatakan memilih Agus dan Sylvi lantaran ada figur SBY di belakangnya. Sisanya 16,7 persen tidak menjawab,”ucap Hendri.

Begitu jgua dengan figur Prabowo Subianto sebagai Ketua Umum Partai Gerindra terhadap pasangan Anies dan Sandiaga. Cuma ada 22,9 persen yang memilih pasangan Anies dan Sandi lantaran figur Prabowo.

“Sebanyak 56,3 persen mengklaim faktor Prabowo bukanlah hal yang menentukan dirinya akan memilih pasangan Anies dan Sandi. Sedangkan 20,8 persen tidak menjawab,”ucap Hendri.

( Posmetro.net )

You may also like...