Uniknya Ahok dan Djarot, Kinerja Memuaskan Tapi Elektabilitas Menurun

Uniknya Ahok dan Djarot, Kinerja Memuaskan Tapi Elektabilitas Menurun

Posmetro.netPosmetro Terkini, Jakarta – Skala Survei Indonesia (SSI) merilis hasil survei yang menyebutkan, 65 persen masyarakat DKI Jakarta puas dengan kinerja gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Djarot Saiful Hidayat.

“Sementara 28,4 persen mengklaim tidak puas. Sisanya 6,1 persen mentatakan tidak tahu atau tidak memilih,”ucap Direktur Eksekutif SSI Abdul Hakim.

Akan tetapi, gambaran itu berbeda dengan elektabilitas keduanya sebagai bakal calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta yang terus menurun. Bahkan, dalam waktu delapan bulan elektabilitas mereka kian menurun sampai 13,3 persen. Hak ini terlihat dari periode Februari sampai Oktober 2016.

Saat itu, elektabilitas mereka masih 47,1 persen, tetapi di bulan Oktober 2016, persentase mereka di angka 33,8 persen. “Pemilih suara pasangan Ahok dan Djarot yang kian menurun,”ucap Hakim.

Hakim mengungkapkan, perubahan pilihan masyarakat DKI Jakarta terhadap calon kepala daerah dapat terjadi sangat cepat. “Dinaminasi pilihan warga Jakarta sangat cepat. Seperti pada Pilkada 2012, pasangan Foke dan Nara sebelumnya diperkirakan unggul. Tetapi hasilnya malah terbalik,”terangnya.

Sementara itu, soal tingkat kepuasan masyarakat terhadap kiernja keduanya tidak lepas dari sejumlah kebijakan yang dikeluarkan Ahok dan Djarot, seperti pemberian Kartu Jakarta Pintar (KJP).

Tetapi begitu, bukan berarti kinerja keduanya tanpa kegagalan. Abdul menyatakan, kegagalan terbesar pasangan itu selama menjabat sebagai gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta meripakan tidak dapat mengurangi kemacetan.

“Kesimpulannya, mayoritas masyarakat DKI mengklaim puas dengan kinerja Ahok dan Djarot di sektor pendidikan,”tutupnya.

Survei itu dilakukan di enam kabupaten/kota administrasi Provinsi DKI Jakarta, yakni Kepulauan Seribu, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat dan Jakarta Timur. Peneliti menggunakan metode sampling kepada sebanyak 800 responden. Sementara margin of error dari penelitian ini sebesar 3,46 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

( Posmetro.net )

You may also like...