Tjahjo Kumolo Akan Lantik Plt Ahok Hari Ini

Tjahjo Kumolo Akan Lantik Plt Ahok Hari Ini

Posmeto.netPosmetro Terkini, Jakarta – Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sudah resmi mengajukan cuti untuk kampanye pada Pilgub DKI. Posisi Ahok akan diganti oleh pelaksana tugas (Plt) yang akan dilantik hari ini.

“Rabu siang pengesahan dua Plt (Gubernur) DKI dan Banten,”kata Mendagri Tjahjo Kumulo.

Tjahjo Kumulo mengatakan pelantikan bakal digelar di aula Kementerian Dalam Negeri. Turut diundang gubernur, wakil gubernur berserta isteri, Plt gubernur berserta istri, Pimpinan DPRD, bupati, sekda, wali kota dan Forkompimda lain.

“Semua Surat Keputusan telah saya tandatangani. Surat laporan kami kirimkan ke Bapak Presiden dan Bapak Wakil Presdidenm Nebsesbeg, Menko Polhukam, Menkum HAM dan Kepala Staf Kepresidenan,”ucap Tjahjo.

Tjahjo mengatakan, tugas Plt merupakan melaksanakan tata kelola pemerintahan, menjaga hubungan pemerintah pusat dan daerah dengan baik, tokoh masyarakat adat, menjaga stabilitas daerah bersama Forkompimda, ormas-ormas,tokoh agama, parpol, dan mensukseskan pilkada dengan aman demokratis.

Mengenai nama Plt yang bakal dilantik untuk gubernur DKI, Tjahjo belum ingin menyebutkan. Dua nama yang disiapkan merupakan Sekjen Kemendagri Yuswandi A Temenggung dan Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri Soni Sumarsono.

“Kan bisa didengar saat pengumuman pelantikan,”ucap Tjahjo.

Sebagaimana diketahui, gubernur yang maju kembali pada Pilkada diwajibkan untuk cuti selama masa kampanye, yakni sekitar 4 bulan. Seluruh tugas gubernur dilimpahkan kepada pelaksana tugas.

( Posmetro.net )

You may also like...