Kampanye Hitam Dinilai Dapat Kalahkan Pemimpin Potensial di Jakarta

Kampanye Hitam Dinilai Dapat Kalahkan Pemimpin Potensial di Jakarta

Posmetro.netPosmetro Terkini, Jakarta – Kampanye hitam (black campaign) dinilai dapat mencederai Pilkada DKI Jakarta 2017 nanti. Sebabnya, akan ada pemimpin yang potensial kalah sebelum waktunya lantaran kampanye hitam oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

“Black campaign bakal merusak demokrasi, di mana ada calon sangat potensial dan bagus memimpin Jakarta, kemudian dikalahkan gara-gara black campaign itu,”ucap Direktur Populi Center, Usep S Ahyar, di Gedung PBNU, Jakarta Pusat, Rabu (12/10).

Usep menambahkan, kampanye hitam merupakan kampanye kotor yang bertujuan untuk menyerang lawan politik. Serangan itu tanpa dasar dan fakta yang jelas. Sayangnya, kampanye hitam bakal menjadi arsip kalau dilemparkan ke media sosial sehingga dianggap membahayakan tatanan demokrasi.

“Black campaign fitnah dan kampanye kotor,”ucap Usep.

Kampanye hitam sendiri disebut mainan dari para elite politik. Mereka sengaja mengkontruksi soal menjadi kampanye hitam. usep menambahkan, negative campaign masih lebih baik dari kampanye hitam. Karena, kampanye negatif menyerang lawan politik berdasarkan data. Misalnya kebijakan petahana berupa penggusuran atau kasus yang menyangkut calon lainnya.

“Negative campaign malah bagus dalam menyumpang demokrasi lebih baik. Kalau ini ada calon pemimpin, tapi track record buruk. Diungkapkan ke masyarakat melalui data,”ucap Usep.

( Posmetro.net )

You may also like...