Jusuf Kalla Bicara Mengenai Pemerintahan ‘Gunting Pita’

Jusuf Kalla Bicara Mengenai Pemerintahan 'Gunting Pita'

Posmetro.netPosmetro Terkini, Jakarta – Dua tahun sudah usia pemerintahan Presiden Joko Widodo alias Jokowi dan Jusuf Kalla (JK). Sempat terjadi gejolak politik di awal pelantikan, saat ini pemerintahan Jokowi dan JK relatif lebih ‘tenang’. Kondisi politik juga relatif lebih stabil.

Di bidang ekonomi, walau perekonomian global sedang tidak menentu, pemerintah dapat mengimbangi. Kebijakan tax amnesty, paket kebijakan enonomi dan proyek infrastruktur dijadikan andalan untuk menangkis ‘gempuran’ dari luar.

“Secara umum politiknya stabil aja. Ekonomi pengaruh dari luar banyak sekali, tapi kita imbanginya salah satunya memperbaiki, bagaimana kemudahan berusaha dengan tax amnesty. Infrastruktur berjalan terus,”ucap JK.

Walau berhasil mengatasi gejolak politik dan ekonomi, JK mengklaim kalau pemerintahannya bersama dengan Presiden Jokowi tidak dapat dinilai cuma dengan melihat usia 1 atau 2 tahun. Pemerintahan ini adalah lima tahunan.

Ukuran keberhasilan pemerintah tidka langsung bisa diukut saat ini, tetapi tampak dalam proses tahapan-tahapan kerja. Menurut JK, ada juga kerja yang melanjutkan program pemerintahan sebelumnya. Sebab memang negara mana pun di dunia pasti ada program kerja berkesinambungan.

“Pasti dalam banyak hal dikerjakan dan jangan lupa juga pada awal pemerintahan ini, pemerintah itu berlanjut. Jadi banyak juga kita melanjutkan dari pemerintah lama. Dan meski begitu, apa pun pemerintahan di dunia ini,”ucap JK.

JK tidak menepis kalau sejumlah proyek yang diresmikan pemerintah belum lama ini ada beberapa antaranya yakni program pemerintahan sebelumnya. Kalau pun ada yang menyebut pemerintah sekarang sekadar ‘gunting pita’, JK tidak mau ambil pusing.

“Kita juga tidak mau mengaku apa pun yang dibuat itu. Tidak. Ini berarti karena nyambung. Memang sekarang gunting pita, tapi itu proyek lanjutan,”tambahnya.

Menurut JK keberhasilan pemerintah akan terlihat dalam lima tahun akan datang. Menurut dia ini untuk memberikan penegasan kalau proyek pemerintah mesti selalu bersambung.

“Kita mau biasakan pemerintah seperti kalau usai lima tahun kelihatan suasanya,”ucapnya.

( Posmetro.net )

You may also like...