Anies Bahas Penggusuran: Mesti ada solusi yang Manusiawi

Anies Bahas Penggusuran: Mesti ada solusi yang Manusiawi

Posmetro.netPosmetro Terkini, Jakarta – Masyarakat kampung Waru Doyong, Cakung, Jatinegara, Jakarta Timur sempat curhat kepada bakal calon gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan soal kecemasan bakal dilakukannya penggusuran.

Menjawab aspirasi warga, Anies mengatakan penggusuran bukan solusi untuk membenahi Jakarta. Ada cara lain yang dapat dilakukan untuk menertibkan permukiman tanpa merugikan warga.

“Masyarakat (tadi) berbicara soal rencana penggusuran. Dan satu yang perlu digaris bawahi, solusi itu bukan sekedar tidak menggusur atau menggusur, yang diperlukan yakni mencari solusi. Mereka punya kehidupan sosial, akses tempat kerja nanti. Bukan semata-mata digusur,”ucap Anies.

Anies mengatakan, dirinya masih mencari solusi terhadap penertiban dari permukiman yang menduduki tanah negara. Solusi ini dipastikan Anies berdasarkan bakal sehat dan hati nurani sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

“Kepentingan publik besar kalau bicara aliran sungai. Tapi saya tidak janji bakal menggusur atau mau menggusur, tapi semua kebijakan berdasarkan akal sehat dan aturan. Jadi kita mau masyarakat di mana pun, mendapatkan kesempatan yang adil,”ucap Anies.

Kalau relokasi menjadi pilihan yang dipilih, maka hal itu dilakukan tetap memperhatikan kesinambungan hidup warga.

“Kalau ada relokasi maka mesti ada solusi, bukan sekedar jumlah berapa dan tempat manapun. Pikirkan pekerjaan, akses pendidikan, kesehatan, jadi ada solusi dan manusiawi,”tambahnya.

( Posmetro.net )

You may also like...