2 Tahun Memerintah, Jokowi Dinilai Mampu Jaga Stabilitas Politik

2 Tahun Memerintah, Jokowi Dinilai Mampu Jaga Stabilitas Politik

Posmetro.net – Posmetro TerkiniJakarta – Politisi Partai Demokrat Indonesia Perjuangan (PDIP) Maruarar Sirait menganggap Presiden Joko Widodo (Jokowi) dapat menjaga stabilitas politik negara dengan baik dalam dua tahun masa pemerintahannya.

Dia menyatakan, kondisi perpolitikan sempat memannas sesudah pemilu presiden 2014 lalu.

Partai-partai politik yang terbagi menjadi dua kutub, yakni Koalisi Indonesia Hebat (KIH) dan Koalisi Merah Putih (KMP) tidak lalu cair usai presiden dan wakil presiden terpilih.

Aroma persaingan dua koalisi itu masih kental pada tahun pertama pemerintahan.

“Kita mesti akui aroma persaingan politik sesudah pilpres masih sangat kuat dan jelas dimenangkan teman-teman KMP,”ucap Maruarar.

Kondisi perpolitikan pada 2015 cenderung lebih baik dan kian membaik pada 2016. Pembahasan Anggaran-anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), ucap Maruarar, juga berjalan dengan lancar.

Kemudian pada 2016, sambungnya, juga merupakan penguatan politik pemerintah Jokowi dan JK. Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Golkar, dua anggota KMP, merapat ke pemerintahan.

Pemilihan kepala-kepala lembaga, seperti Kepala Kepolisian RI dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) juga berjalan lancar di parlemen.

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2016 tentang Pengampunan Pajak atau tax amnesty juga diketok tanpa melalui perdebatan alot.

Apalagi, saat pengesahan Undang-Undang Pengampunan Pajak, posisi ketua panitia kerja ditempati oleh Soepriyatno, anggota Fraksi Partai Gerindra yang merupakan partai oposisi.

“Itu merupakan parameter-parameter yang terukur kalau ada stabilitas dan dukungan politik yang kuat. Bahkan lawan-lawan politik juga mendukung,”ucap Maruarar.

( Posmetro.net )

You may also like...