Solusi Sandiaga Untuk Menangani Banjir di DKI

Solusi Sandiaga Untuk Menangani Banjir di DKI

Posmetro.netPosmetro Terkini, Jakarta – Bakal calon Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, mengklaim punya sejumlah cara untuk mengatasi banjir di Jakarta. Dia bakal menerapkan cara itu kalau dirinya nanti terpilih menjadi gubernur dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 nanti.

Langkah pertama yakni meningkatkan kesadaran masyarakat supaya tidak membuang sampah pada tempatnya. Selain itu, nanti masyarakat bakal diberikan edukasi supaya sampah-sampah itu bisa bermanfaat dengan cara mendaur ulangnya.

Langkah kedua yakni banjir di Jakarta mesti dituntaskan dari hulunya. Untuk itu, Sandiaga bakal bekerja sama dengan daerah penyangga Jakarta dalam memunculkan inovasi supaya air tidak langsung masuk ke Jakarta.

“Bagaimana kita bisa bekerja dengan daerah lain dengan memunculkan akan-akan supaya jumlah debut air itu tidak sekaligus tetapi ada proses sebelum masuk ke Jakarta dan dilakukan rekayasa-rekayasa,”ucap Sandiaga.

Dia mengkalim bakal melakukan perawatan aliran sungai di Jakarta. Selain dilebarkan, dia bakal melakukan pengerukan pada sungai yang dangkal. Hal itu dilakukan supaya ketika hujan deras air sungai tidak meluap.

Mengenai adanya permukiman penduduk di bantaran sungai, Sandiaga mengatakan dia bakal merelokasi mereka. Tetapi mereka terlebih dahulu bakal disosialisai secara baik-baik supaya mereka paham.

Menurut dia, kepentingan umum mesti lebih didahulukan daripada kepentingan pribadi. Dia mengatakan bakal memberikan kompensasi yang setimpal untuk warga yang terkena gusur. Warga itu jgua bakal disediakan Rusunami.

“Kami mesti sosialisasi dengan baik untuk dipindahkan ke tempat-tempat yang lebih baik dan memberikan kompensasi yang baik, dari segi ekonomi maupun aspek sosialnya,”ucap dia.

Tentang adanya wilayah resapan air yang beralih fungsi seperti di Kemang, Sandiaga menyatakan, dia bakal melakukan pembahasan dengan cara baik-baik dengan para pengusaha. Dia percaya, kalau dibicarakan dengan cara baik-baik pihak swasta pasti mengerti dan mau direlokasi.

“Saya juga punya hotel di Kemang, saya akan bicara, pastinya kita harus fair. Kalau memang menganggu, ya mesti direlokasi, diajak bicara kalau sekarang ini memang mesti dilakukan perubahan, saya rasa mereka pasti mendukung kok,”ucap Sandiaga.

( Posmetro.net )

You may also like...