Hari Ini, Ahok Kembali Ikuti Sidang Uji Materi UU Pilkada di MK

Hari Ini, Ahok Kembali Ikuti Sidang Uji Materi UU Pilkada di MK

Posmetro.netPosmetro Terkini, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok bakal mengikuti sidang kedua dengan catatan perbaikan permohonan uju materi Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) pada Rabu (31/8/2016) siang ini.

Ahok menyatakan bakal hadir dalam sidang itu.

“Rabu saya dipanggil MK untuk sidang kedua. Jam 2 siang (14.00 WIB), abis makan,”ucap Ahok di Balaikota DKI Jakarta, Selasa kemarin.

Ahok mengajukan uji materi terhadap pasal 70 Ayat 3 tentang cuti kampanye pada Undang-Undang itu. Pada sidang pertama Senin pekan lalu, mejelis hakim MK meminta Ahok untuk memperbaiki gugatannya sesuai dengan masukan dari hakim MK.

Salah satu unsur perbaikannya yakni memaparkan kerugian konstitusi mengenai pasal cuti kampanye bagi petahana dalam Undang-Undang tentang Pilkada tersebut. Ahok mengklaim telah memperbaiki gugatannya dan mengirimkan berkasnya pada Jumat lalu.

“Itu tadi masukan dari hakim kan. Tolong dielaborasi kerugian konstitusinya apa. Kami mulai menghubungkan saya, jataban saya, dengan konstitusi UUD 1945,”ucap Ahok.

Masa kampanye pada Pilkada Serentak tahun 2017 bakal dihelat mulai 28 Oktober 2016 sampai 11 Februari 2017 mendatang. Aturan yang ada saat ini mengharuskan seorang calon petahana untuk cuti selama masa kampanye.

Tetapi, Ahok mau supaya calon petahana diberi pilihan antara cuti kampnaye atau tidak cuti dengan resiko tidak boleh berkampanye.

( Posmetro.net )

You may also like...